Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

Gubsu Minta Faskes Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan

Screen Shot 2017 10 23 at 4.02.42 PMMEDAN - Gubernur Sumatera Utara, HT Erry Nuradi meminta agar fasilitas kesehatan (Faskes) dapat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan tindakan kuratif.

Tak kalah pentingnya, mantan Bupati Serdang Bedagai ini juga mengajak agar masyarakat selalu mengimplementasikan gerakan hidup sehat dalam kehidupannya sehari-hari.

"Gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) ini sesuai dengan RPJMN tahun 2005-2024 di bidang kesehatan. Makanya kita mengedepankan program yang bersifat preventif dan promotif. Salah satunya, jumlah penyakit yang menyebabkan kematian terbesar yakni penyakit tidak menular (PTM) seperti jantung, stroke yang disebabkan karena tidak menerapkan pola hidup sehat. Makanya, Germas ini mengajak masyarakat untuk kembali melaksanakan gerakan hidup sehat," jelas Erry Nuradi pada pencanangan Germas di Lapangan Replika Sultan Serdang, Kelurahan Tualang, Kecamatan Perbaungan, Sergai, Selasa (17/10/2017).

"Dulu saat kita masih sekolah, sebelum masuk kelas, itu ada olahraga, ada senam, hal ini perlu terus digelorakan kembali. Senam ini sangat penting, ini untuk mendapatkan tubuh yang sehat karena di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Oleh karena itu gerakan hidup sehat, seperti olahrga, senam, itu harus digelorakan kembali," tegasnya.

Begitu juga dengan gerakan makanan yang sehat. Hal ini juga harus dibudayakan. Sebab, penyakit jantung dan stroke dipengaruhi oleh makanan yang tidak sehat seperti makanan cepat saji.

"Makanya, Germas ini mengajak seluruh masyarakat, stakeholder, ormas untuk mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Kami ucapkan terima kasih kepada ormas yang terus menggelorakan senam," sambungnya.
Sebagaimana yang diketahui, Pemkab Sergai terus berusaha meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya masyarakat Tanah Bertuah Negeri Beradat. Salah satunya melalui akreditasi rumah sakit versi 2012.
Begitu juga dengan pelayanan di puskesmas. Di faskes ini, seluruh tenaga medis maupun bidan desa terus meningkatkan mutu dan pelayanan kesehatan dengan penuh tanggung jawab.

 

 

Oleh: Fatih
Sumber: https://www.gosumut.com/berita/baca/2017/10/17/gubsu-minta-faskes-tingkatkan-mutu-pelayanan-kesehatan#sthash.HXvk2ReH.bT6suJrY.dpbs