Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

Bekasi Targetkan Seluruh Puskesmasnya Terakreditasi Tahun 2020

Screen Shot 2018 04 24 at 11.30.52 AMTrubus.id -- Sejak tahun 2016 silam, Pusat Kesehatan Masyarakat atau Puskesmas harus memenuhi standar mutu yang diterapkan Kementerian Kesehatan. Salah satunya terkait sarana dan prasarana yang dimiliki.

Seperti pelayanan kesehatan pasien, sumber daya manusia serta tertib administrasi pada sistem manajemennya.

Sejak standar mutu ini diterapkan, hingga kini belum seluruh Puskesmas di Bekasi yang yang telah terakreditasi standar mutu pelayanan nasional. Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Lila Nauvalya menyebut, 11 dari 39 Puskesmas di Kota Bekasi hingga kini belum terakreditasi.

"Saat ini sebanyak 11 dari total 39 puskesmas Kota Bekasi belum terakreditasi standar pelayanan mutu. Target kami pada 2020 seluruh puskesmas di Kota Bekasi sudah mendapat akreditasi," ujar Lila di Bekasi, Senin (23/4).

Lila cerita, program akreditasi sudah berjalan sejak tahun 2016. Namun saat itu belum seluruh puskesmas di Kota Bekasi yang diakreditasi. Saat itu baru Puskesmas Karangkitri dan Puskesmas Pondokgede yang diakreditasi.

Baru di tahun berikutnya, 7 Puskesmas lain menyandang akreditasi standar mutu nasional. Puskesmas itu diantaranya adalah Puskesmas Perumnas II, Puskesmas Mustikajaya, Puskesmas Pejuang, Puskesmas Telukpucung, Puskesmas Pengasinan, Puskesmas Jatiasih dan Puskesmas Rawatembaga.

Kini Dinas Kesehatan Kota Bekasi kembali mengajukan 11 Puskesmas pada tahun 2018 untuk bisa mendapat akreditasi sesuai dengan standar mutu yang dimiliki. Lila menyebut, langkah ini diambil agar target seluruh Puskesmas di Kota Bekasi terakreditasi di tahun 2020 bisa tercapai. [RN]

 

Oleh: Syahroni

Sumber: https://news.trubus.id/post/bekasi-targetkan-seluruh-puskesmasnya-terakreditasi-tahun-2020-9890