Sistem Informasi Berbasis Website: Studi Kasus Akreditasi RSUD Natuna

1ags

Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) Fakultas Kedokteran UGM menjalin kerjasama dengan RSUD Natuna memperkuat sistem informasi untuk persiapan akreditasi rumah sakit. Kerjasama berupa penyusunan sistem informasi berbasis website. Kegiatan telah diselenggarakan di RSUD Natuna Tanggal 19 sampai 20 Mei 2016.

Proses kegiatan didampingi oleh Nusky Syaukani MPH, Eva Tirtabayu Hasri S.Kep.,MPH dan Lukman Thalib, ST. Peserta pelatihan mencakup seluruh POKJA akreditasi RSUD Natuna berkisar 40 orang. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Direktur RSUD Natuna dr. Faisal.

 

 

Kerjasama dilakukan untuk memperkuat dan memudahkan akses informasi tentang proses akreditasi bagi seluruh staf RSUD Natuna. Website berisi seluruh elemen akreditasi dan self assessment sehingga website membantu staf RSUD Natuna mengelolai sumber daya yang dimiliki termasuk didalamnya adalah sumber daya informasi, waktu dan manusia agar dapat secara efektif dan efisien mempersiapkan dan melaksanakan standar akreditasi RS.

Dengan memiliki sistem informasi manajemen yang secara khusus dikembangkan berdasarkan standar akreditasi RS terbaru, maka semua pimpinan, staf dan komponen RS dapat dengan mudah mendapat informasi mengenai standar akreditasi RS, memahami standar tersebut, menilai kesesuian dan merencanakan upaya perbaikan. Direktur RS juga dapat dengan mudah memantau perkembangan pencapaian nilai self assessment dan laporan perkembangan per-bulan.

Oleh: Eva Tirta Bayu Hasri, Skep., MPH.

 

Add comment


Security code
Refresh