Implementasi Audit Keperawatan RSUP Dr. Sardjito

1ags-1

Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) FK UGM memberikan pelatihan audit keperawatan di RSUP Dr. Sardjito pada 21 sampai 22 Juli 2016. Kegiatan dilakukan untuk meninngkatkan pemahaman perawat melakukan audit keperawatan dalam meningkatkan mutu asuhan keperawatan. dr. Hanevi Djasri MARS sebagai narasumber utama dan Eva Tirtabayu Hasri S.Kep.,MPH sebagai fasilitator.

Audit keperawatan merupakan upaya evaluasi secara profesional terhadap mutu pelayanan keperawatan yang diberikan kepada pasien dengan menggunakan rekam medisnya yang dilaksanakan oleh profesi perawat dan bidan. Sesuai dengan Permenkes No 49 tahun 2013 tentang komite keperawatan, Audit keperawatan merupakan tugas Subkomite profesi yaitu subkomite keperawatan.

Audit keperawatan secara teori konsep pelaksanaannya hampir sama dengan audit klinis atau yang sering dikenal clinical audit. Clinical audit berisi audit keperawatan dan audit medik. Diperlukan keterlibatan perawat dan medik dalam proses kegiatan audit klinis, sehigga hasil akhirnya akan meningkatkan mutu asuhan keperawatan dan mutu medis.

Oleh: Eva Tirta Bayu Hasri, Skep.,MPH.

 

Add comment


Security code
Refresh