Alat untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan

25 2Divisi Manajemen Mutu Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) FKKMK UGM aktif menyelenggarakan sharing knowledge “Audit Klinis” dalam bentuk pelatihan maupun pendampingan. Tahun 2018 ini, telah diselenggarakan pelatihan “audit klinis” di Yogya tanggal 16-17 April di hotel Cakra Kusuma. Narasumber dan fasilitator: dr. Hanevi Djasri, MARS; Eva Tirtabayu Hasri S.Kep, MPH; drg. Puti Aulia Rahma, MPH.

Audit klinis merupakan suatu telaah kritis dan sistematis terhadap mutu pelayanan klinik, termasuk prosedur diagnosis dan terapi, penggunaan sumber-daya rumah-sakit, dan outcome serta quality of life dari pasien. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan tenaga profesional di Fasilitas Kesehatan Tingkat Primer (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL). Peserta pelatihan berasal dari Dinas Kesehatan, FKTP, dan FKRTL daerah Malang, Sampit, Nunukan, Solo, Kalimantan Timur, Kalimanta Utara, Kalimantan Tengah, Bali, dan Madiun.

25 3

Peserta telah belajar teori dan praktek tentang audit klinis serta manfaatnya sehingga digunakan sebagai tools untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Hal terpenting dalam melakukan audit adalah “leader driven strategy”, setiap perubahan tidak akan berhasil tanpa dukungan direktur. Bagi FKTP dan FKRTL yang tertarik mempelajari “audit klinis”, Divisi Manajemen Mutu PKMK FKKMK UGM dapat memfasilitasi.

Penulis: Eva Tirtabayu Hasri, S.Kep, MPH (Hp: 0823-2433-2525, email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.)

Video Testimoni

 

Add comment


Security code
Refresh