Kegiatan Pendampingan Penyusunan Standar Pelayanan Mutu RSPP Malaka

Pendampingan penyusunan Standar Pelayanan Mutu RSPP Malaka dilaksanakan 2 tahap. Tahap pertama dilaksanakan pada tanggal 25 – 26 Oktober 2016. Kegiatan ini dihadiri oleh staf klinisi dan manajemen RSPP Malaka serta Konsultan dari PKMK FK UGM. Agenda tahap pertama dalam pendampingan ini yaitu pemaparan mengenai Standar pelayanan Minimal di Rumah Sakit, pembentukan pokja yang disesuaikan dengan kebutuhan yang ada dalam SPM, identifikasi tiap pokja dan penyusunan rencana pencapaian SPM.

Selama dua bulan tim SPM RSPP Malaka didampingi oleh Konsultan dari PKMK FK UGM dalam pembuatan form pengukuran, pengolahan data hasil pengukuran, penyusunan pencapaian SPM, serta pembuatan dokumen SPM . Kegiatan pendampingan ini dilakukan dengan metode pendampingan jarak jauh via email, teleconference dan whatsapp.

Selanjutnya pada tahap akhir kegiatan pendampingan ini yaitu finalisasi draft SPM RSPP Malaka. Maka dilakukan kunjungan tahap kedua yang dilaksanakan pada tanggal 21-22 Desember 2016. Kegiatan ini dibagi menjadi beberapa sub kegiatan diantaranya supervisi ke setiap Pokja yang terkait SPM di RSPP Malaka, Presentasi hasil pengukuran yang telah dilaksanakan selama kurang lebih 2 bulan dan finalisasi Draft SPM yang akan di sahkan oleh Bupati Malaka.

Oleh: Elisa Sulistyaningrum, MPH.

 

Kegiatan Pendampingan Penyusunan Rencana Aksi BPPSDM dan Penyusunan Rencana Stratejik Poltekkes Kemenkes

Tindak lanjut survei baseline data renstra Poltekkes Kemenkes dilaksanakan pada hari jumat, 12 januari 2017 di BPPSDM Kesehatan. Acara tersebut dihadiri oleh sekertaris BPPSDM Kesehatan, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan BPPSDM, eselon 3, eselon 4, staf BPPSDM, Direktur Poltekkes Jakarta II, Jakarta III dan Samarinda serta Direktur dan konsultan dari PKMK FK UGM. Kegiatan survei baseline data renstra Poltekkes kemenkes sebelumnya telah dilaksanakan pada tanggal 13 – 20 Desember 2016. Survei dilakukan di 6 Poltekes yaitu Poltekkes Jakarta II, Poltekkes Semarang Poltekkes Makasar, Poltekkes palangkaraya, Poltekkes tanjung Pinang dan Poltekkes manado.

Kegiatan evaluasi hasil survei renstra Poltekkes Kemenkes ini disajikan dalam bentuk presentasi yang dibawakan oleh dr. Hanevi Djasri, MARS dari PKMK FK UGM. Kesimpulan Dari hasil survei yaitu Format yang digunakan dalam penyusunan renstra antar Poltekes masih belum seragam serta proses bisnis yang dijalankan dan digambarkan dalam renstra, secara keseluruhan belum cukup baik. Rencana tindak lanjut dari kegiatan ini yaitu pendampingan dalam penyusunan rencana stratejik Poltekkes kemenkes.

Sesi terakhir dalam kegiatan ini yaitu diskusi mengenai hasil evaluasi base line data renstra Poltekkes Kemenkes yang dipaparkan oleh narasumber. Selanjutnya dari hasil diskusi akan mengarah pada rencana tindak lanjut kegiatan di tahun 2017.

 

Evaluasi Utilization Review sebagai Upaya Kendali Mutu dan Biaya Pelayanan Kesehatan

Sebuah Joint Research antara BPJS Kesehatan dan Divisi Manajemen Mutu PKMK FK UGM

Sudah kali kedua BPJS Kesehatan menyelenggarakan joint research dengan berbagai institusi penelitian di Indonesia, termasuk PKMK FK UGM. Joint research ini menjadi ajang bagi peneliti untuk mengolah data yang tersedia di BPJS Kesehatan. Pada tahun ini, Divisi Manajemen Mutu PKMK FK UGM mengajukan tema penelitian: "Evaluasi Kegiatan Utilization Review Sebagai Upaya Kendali Mutu dan Biaya Pelayanan Kesehatan Di Fasyankes Rujukan dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)". Topik ini diangkat dari keingintahuan peneliti terhadap peran TKMKB dalam menjaga mutu dan mengendalikan biaya pelayanan kesehatan melalui kegiatan utilization review (UR).

Joint Research Penyusunan Indikator FKTP dan FKRTL

act20janDivisi Manejemen Mutu Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) telah melakukan penelitian dengan BPJS Kesehatan dalam bentuk kerajsama. Kegiatan dilakukan selama tiga bulan yakni Oktober sampai Desember tahun 2016 untuk menyusun indikator pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Primer (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL).

 

Implementasi Audit Keperawatan RSUP Dr. Sardjito

1ags-1

Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) FK UGM memberikan pelatihan audit keperawatan di RSUP Dr. Sardjito pada 21 sampai 22 Juli 2016. Kegiatan dilakukan untuk meninngkatkan pemahaman perawat melakukan audit keperawatan dalam meningkatkan mutu asuhan keperawatan. dr. Hanevi Djasri MARS sebagai narasumber utama dan Eva Tirtabayu Hasri S.Kep.,MPH sebagai fasilitator.

Sistem Informasi Berbasis Website: Studi Kasus Akreditasi RSUD Natuna

1ags

Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) Fakultas Kedokteran UGM menjalin kerjasama dengan RSUD Natuna memperkuat sistem informasi untuk persiapan akreditasi rumah sakit. Kerjasama berupa penyusunan sistem informasi berbasis website. Kegiatan telah diselenggarakan di RSUD Natuna Tanggal 19 sampai 20 Mei 2016.

Proses kegiatan didampingi oleh Nusky Syaukani MPH, Eva Tirtabayu Hasri S.Kep.,MPH dan Lukman Thalib, ST. Peserta pelatihan mencakup seluruh POKJA akreditasi RSUD Natuna berkisar 40 orang. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Direktur RSUD Natuna dr. Faisal.

Website lain dari PKMK FK UGM


deskesMsehatmpt
    aids2

Website terkait

   
  ahrq