Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

Pemkab Komit Tingkatkan Kesehatan Masyarakat

KENDAL – Pemkab Kendal berkomitmen kuat untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dalam rangka menjamin setiap masyarakat memperoleh pelayanan kesehatan yang berkualitas.

Sesuai dengan kebutuhan yang diatur dalam Standar Pelayanan Minimal (SPM), serta untuk memastikan ketersediaan layanan tersebut. Demikian disampaikan Sekda Kendal, Bambang Dwiyono saat membuka Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Kabupaten Kendal Tahun 2017, di Gedung Wanita, kompleks Kantor Bupati Kendal.

Raker bertema ‘Dengan Pendekatan Keluarga Kita Wujudkan Keluarga Sehat Menuju Kendal Bermartabat’, diikuti para pimpinan OPD, Camat, Kepala Puskesmas, Direktur rumah sakit di Kendal, dan para pelaku kesehatan.

“Upaya ini akan difokuskan pada empat program prioritas yaitu percepatan penurunan kematian ibu dan kematian bayi, perbaikan gizi khususnya stunting (bayi pendek). Disamping itu juga memperhatikan penurunan prevalensi penyakit akibat infeksi, serta pencegahan penyakit tidak menular melalui perubahan perilaku keluarga dan masyarakat, khususnya dalam pengenalan diri terhadap risiko penyakit,” ujarnya.

Dikatakan, kesehatan merupakan hak asasi manusia, merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, masyarakat, dan swasta. Keberhasilan pembangunan kesehatan tidak semata-mata ditentukan oleh hasil kerja keras sektor kesehatan saja, melainkan juga dipengaruhi oleh hasil kerja keras serta kontribusi positif berbagai pihak, termasuk peran serta masyarakat.

“Pembangunan kesehatan harus diarahkan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang. Agar derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat terwujud,” ucapnya.

Seluruh jajaran aparatur kesehatan di Kabupaten Kendal, juga diajak untuk meningkatkan pengetahuan kepada masyarakat dan mendorong mereka agar melakukan kegiatan promotif dan preventif. Caranya melalui berbagai strategi sosialisasi, komunikasi, dan kampanye, seperti cek kesehatan secara rutin, melakukan pencegahan berbagai penyakit menular dan tidak menular. Diiringi dengan Gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), dalam rangka memberdayakan masyarakat menuju masyarakat yang sehat dan mandiri.

“Kepada semua pihak diminta untuk saling bekerjasama, saling membantu dan bahu membahu, dalam memecahkan permasalahan-permasalahan kesehatan yang ada di Kabupaten Kendal, guna menciptakan pelayanan kesehatan yang mudah, cepat dan terjangkau, dalam rangka mewujudkan masyarakat Kabupaten Kendal yang sehat dan sejahtera. Jangan sampai masyarakat dikecewakan akibat pelayanan yang kurang baik. Mari kita bersama-sama terus berupaya memacu peningkatan akses dan mutu pelayanan kesehatan yang lebih baik, profesional, ramah, cepat, tepat dan memuaskan bagi masyarakat. Sehingga masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan, dapat ditangani semuanya dengan baik,” harapnya. (yog)

Penulis: M. Arif Prayoga & Redaktur: Widodo Lukito

Sumber: http://radarpekalongan.com/