Kemenkes dan Kemendikbud Kelola Bersama RS Pendidikan

Share

Jakarta (Poskotanews.com) – Rumah sakit pendidikan akan dikelola secara bersama antara Kemendikbud dengan Kemenkes.

Kesepakatan pengelolaan rumah sakit pendidikan tersebut diharapkan bisa mengoptimalkan fungsi rumah sakit pendidikan yang kini sudah dibangun di 19 perguruan tinggi negeri.

“Pemerintah sudah bangun rumah sakit pendidikan sejak 2009. Tetapi hanya karena kurangnya koordinasi antar Kemendikbud dengan Kemenkes, rumah sakit pendidikan tidak bisa dioptimalkan fungsinya. Sekedar hanya untuk laboratorium calon dokter saja,” papar Rizal Jalil, anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) usai penandatanganan Surat Keputusan Bersama antara Kemendikbud dengan Kemenkes soal pengelolaan RS pendidikan, Jumat (17/5).

Padahal rumah sakit pendidikan dibangun dengan biaya mahal. Sesudah itu pemerintah juga harus mengeluarkan biaya operasional mulai dari gaji pegawai, pemeliharaan dan pembelian peralatan kesehatan.

Komunikasi yang baik antar dua instansi yakni Kemendikbud dan Kemenkes lanjut Rizal mestinya menjadi solusi terbaik agar aset yang sudah dibangun negara menjadi tidak sia-sia.

“Kemenkes punya dokternya, mamajemen rumah sakitnya. Sedang kemendikbud yang punya instansi pendidikannya, dosen-dosennya,” lanjut Rizal.

SKB tentang pengelolaan bersama rumah sakit pendidikan dijelaskan Menkes Nafsiah Mboi sebenarnya sudah digagas lama. Namun baru tahun ini bisa direalisasikan setelah BPK menjadi mediator bagi dua instansi berbeda tersebut.

“Kepentingan kita sekarang adalah bagaimana membuat rumah sakit pendidikan manfaatnya bisa dinikmati oleh masyarakat luas,” kata Menkes.

Ada beberapa poin dalam SKB tersebut diantaranya terkait pembiayaan operasional rumah sakit, status dokter dan tenaga medisnya, manajemen dan sebagainya.

“Sekarang payung hukumnya sudah ada, jadi kebijakan soal pengelolaan RS pendidikan jelas akan lebih terarah dan lebih baik,” pungkas Nafsiah. (Inung/d)

Sumber : www.poskotanews.com

Add comment


Security code
Refresh

Website lain dari PKMK FK UGM


deskesMsehatmpt
    aids2

Website terkait

   
  ahrq