Agenda CoP Anti Fraud

Pada menu ini, Anda dapat menemukan berbagai topik dan jadwal kegiatan seperti seminar (baik offline maupun online), diskusi, maupun pelatihan seputar topik anti fraud layanan kesehatan. Kegiatan-kegiatan yang tampilkan dalam menu Agenda ini, diselenggarakan baik oleh Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) FK UGM maupun oleh organisasi-organisasi yang aktif melakukan kegiatan pencegahan fraud layanan kesehatan baik di Indonesia maupun dunia.

Berikut adalah kegiatan terdekat yang dapat Anda ikuti. Catat tanggalnya dan daftar segera. Jangan sampai ketinggalan!

Maret 2017

  1. Webinar: "Who's Auditing Your Coders?" – 17 Maret 2017 pukul 01.00 WIB (dinihari)
    Webinar ini diselenggarakan oleh Healthicity, sebuah organisasi penyedia jasa audit di Amerika Serikat. Healthicity secara rutin menyelenggarakan webinar gratis terutama untuk topik audit fraud layanan kesehatan. Webinar kali ini bertopik "Who's Auditing Your Coders?" yang akan membahas tentang: harapan kepada koder, penjadwalan baseline review oleh auditor berpengalaman, dan mempekerjakan auditor pihak ketiga. Dapatkan info lengkap terkait topik webinar ini dan daftar segera melalui link berikut: http://www.healthicity.com/resources/audit-your-coder-webinar?
  2. Webinar: "Know How to Audit and When" – 22 Maret 2017 pukul 01.00 WIB (dinihari)
    Webinar ini diselenggarakan oleh Healthicity, sebuah organisasi penyedia jasa audit di Amerika Serikat. Healthicity secara rutin menyelenggarakan webinar gratis terutama untuk topik audit fraud layanan kesehatan. Webinar kali ini bertopik "Know How to Audit and When" yang akan membahas tentang: identifikasi trend tagihan yang umum dilakukan, mengungkap pola-pola outlier penagihan, dan mengenali perbandingan provider diantara rekan sejawatnya. Dapatkan info lengkap terkait topik webinar ini dan daftar segera melalui link berikut: http://www.healthicity.com/resources/know-who-audit-when-webinar? 
  3. Webinar: "Telemedicine Case Study" – 29 Maret 2017 pukul 03.00 WIB (dinihari)
    Webinar ini diselenggarakan oleh National Healthcare Anti-fraud Association (NHCAA), sebuah asosiasi yang menaungi organisasi-organisasi penggiat anti fraud layanan kesehatan di Amerika Serikat. NHCAA secara rutin menyelenggarakan webinar gratis untuk topik-topik terkait anti fraud layanan kesehatan. Webinar kali ini bertopik "Telemedicine Case Study" yang akan membahas kasus nyata tentang skema fraud pelayanan telemedicine. Narasumber juga akan membahas skema-skema umum fraud serta cara mendeteksi potensi fraud pelayanan telemedicine. Dapatkan info lengkap terkait topik webinar ini dan daftar segera melalui link berikut: Klik disini Pendaftaran akan ditutup pada 28 Maret 2017 pukul 22.00 WIB.

April 2017

  1. Bimbingan Teknis Pelaksanaan UR dan Audit Medis bagi TKMKB – Yogyakarta, 17 – 18 April 2017 pukul 08.00 – 16.00 WIB
    Bimbingan teknis (Bimtek) ini diselenggarakan oleh PKMK FK UGM. Bimtek ditujukan bagi TKMKB yang ingin memantapkan keterampilan dalam pelaksanaan UR dan audit medis untuk kendali mutu dan kendali biaya. Dapatkan info lengkap tentang Bimtek ini dalam kerangka acuan kegiatan berikut: Bimbingan Teknis Pelaksanaan UR dan Audit Medis bagi TKMKB.
  2. Bimbingan Teknis TOT Pelaksanaan Utilization Review dan Audit Medis untuk Kanit MPKP dan MPKR BPJS Kesehatan – Yogyakarta, 25 – 26 April 2017 pukul 08.00 – 16.00 WIB
    Bimbingan teknis (Bimtek) ini diselenggarakan oleh PKMK FK UGM. Bimtek ditujukan bagi Kanit MPKP dan MPKR BPJS Kesehatan untuk memantapkan peran sebagai pendamping TKMKB dalam pelaksanaan UR dan audit medis untuk kendali mutu dan kendali biaya. Dapatkan info lengkap tentang Bimtek ini dalam kerangka acuan kegiatan berikut: TOT Pelaksanaan Utilization Review dan Audit Medis untuk Kanit MPKP dan MPKR BPJS Kesehatan.

Mei 2017

  1. Bimbingan Teknis Deteksi Potensi dan Investigasi Fraud di Rumah Sakit Berdasar Permenkes No. 36 Tahun 2015 – Yogyakarta, 16 – 17 Mei 2017 pukul 08.00 – 16.00 WIB
    Bimbingan teknis (Bimtek) ini diselenggarakan oleh PKMK FK UGM. Bimtek bertujuan meningkatkan keterampilan TKMKB teknis; SPI; kepala bidang/ bagian: pelayanan medis, pelayanan keperawatan, rekam medis, dan keuangan; serta jajaran direksi RS dalam deteksi potensi dan investigasi fraud layanan kesehatan di rumah sakit. Dapatkan info lengkap tentang Bimtek ini dalam kerangka acuan kegiatan berikut: Bimbingan Teknis Deteksi Potensi dan Investigasi Fraud di Rumah Sakit Berdasar Permenkes No. 36 Tahun 2015.

Juli 2017

  1. Bimbingan Teknis Peningkatan Ketepatan Koding Diagnosis Sesuai Kaidah ICD 10 dan ICD 9 CM di Rumah Sakit – Yogyakarta, 13 – 14 Juli 2017 pukul 08.00 – 16.00 WIB
    Bimbingan teknis (Bimtek) ini diselenggarakan oleh PKMK FK UGM. Bimtek ditujukan bagi komite medik, dokter, petugas koding rekam medis, petugas klaim, hingga petugas verifikasi BPJS Kesehatan di RS agar lebih paham dalam menetapkan koding diagnosis. Dapatkan info lengkap tentang Bimtek ini dalam kerangka acuan kegiatan berikut: Bimbingan Teknis Peningkatan Ketepatan Koding Diagnosis Sesuai Kaidah ICD 10 dan ICD 9 CM di Rumah Sakit.

PKMK – FK UGM juga menyelenggarakan program pelatihan terkait topik fraud layanan kesehatan dalam bentuk In House Training (IHT) dan Pendampingan. Jadwal program pelatihan dalam bentuk IHT dan Pendampingan ini menyesuaikan dengan kebutuhan peserta. Silakan klik pada judul-judul pelatihan untuk mendapat informasi yang Anda butuhkan. Anda juga dapat menghubungi kami untuk mendiskusikan bentuk-bentuk program pelatihan yang spesifik untuk kebutuhan institusi Anda.

[IHT] Bimbingan Teknis Deteksi Potensi dan Investigasi Fraud di Rumah Sakit Berdasar Permenkes No. 36 Tahun 2015

[IHT] Bimbingan Teknis Pelaksanaan Utilization Review dan Audit Medis untuk Tim Kendali Mutu dan Kendali Biaya JKN

[IHT] Membangun Sistem Pengendalian Fraud Layanan Kesehatan di Rumah Sakit Berdasar Permenkes No. 36 Tahun 2015

[IHT] Training of Trainer (ToT) Pelaksanaan Utilization Review dan Audit Medis untuk Kanit MPKP dan MPKR BPJS Kesehatan
[IHT] Bimbingan Teknis Peningkatan Ketepatan Koding Diagnosis Sesuai Kaidah ICD 10 dan ICD 9 CM di Rumah Sakit
[PENDAMPINGAN] Deteksi Potensi dan Investigasi Fraud di Rumah Sakit Berdasar Permenkes No. 36 Tahun 2015
[PENDAMPINGAN] Pelaksanaan Utilization Review dan Audit Medis untuk Tim Kendali Mutu dan Kendali Biaya JKN 

[PENDAMPINGAN] Membangun Sistem Pengendalian Fraud Layanan Kesehatan di Rumah Sakit Berdasar Permenkes No. 36 Tahun 2015

Silakan hubungi kami bila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut:

  • Puti Aulia Rahma   | 081329358583 | This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. 
  • Anantasia Noviana | 082116161620 | This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.