Modul 1. Kecurangan JKN di RS dalam Era JKN

Forum Diskusi

Bimbingan Teknis Tim Pencegahan Kecurangan JKN di Rumah Sakit

Halo Bapak dan Ibu!

Selamat mempelajari Modul 1 dalam rangkaian Bimbingan Teknis Tim Pencegahan Kecurangan JKN di Rumah Sakit. Modul I bertujuan untuk memberi wawasan kepada peserta mengenai fenomena fraud layanan kesehatan yang ada di Indonesia.

Berikut materi Modul 1 tentang Kecurangan JKN di RS dalam Era JKN:

Materi 1 – Besar Potensi Fraud Layanan Kesehatan dalam JKN – Kajian BPJS Kesehatan (dr. Andi Afdal, MBA, AAK)

Deskripsi: Materi tentang data-data yang dimiliki BPJS Kesehatan terkait temuan fraud layanan kesehatan. Materi disampaikan untuk menekankan bahwa fraud layanan kesehatan sudah benar-benar terjadi.

Materi 

FORUM DISKUSI – Besar Potensi Fraud Layanan Kesehatan dalam JKN – Kajian BPJS Kesehatan

Materi 2 – Fraud dalam Layanan Kesehatan: Apakah Bisa Justifikasi? (Prof. dr. Laksono Trisnantoro, MSc., PhD (PKMK FK UGM))

Deskripsi: Materi tentang motivasi-motivasi pelaku fraud layanan kesehatan dan penjelasan apakah motivasi ini dapat dibenarkan sebagai alasan tindakan fraud layanan kesehatan.

materi   Video part 1   video part 2

FORUM DISKUSI – Fraud dalam Layanan Kesehatan: Apakah Bisa Justifikasi?

Materi 3 – Pengertian Fraud Layanan Kesehatan dalam Pelayanan Kesehatan Sehari-hari (Beserta Contoh Kasusnya) (Prof. dr. Budi Sampurna, Sp.F, SH (PERSI)):

Deskripsi: Materi tentang penjelasan dari bentuk-bentuk fraud layanan kesehatan beserta contoh riil yang terjadi di rumah sakit.

materi   video part 1   video part 2   video part 3

FORUM DISKUSI – Pengertian Fraud Layanan Kesehatan dalam Pelayanan Kesehatan Sehari-hari (Beserta Contoh Kasusnya)

Materi 4 – Peran Manajemen RS dalam Pencegahan Fraud dalam Layanan Kesehatan di RS (dr. Kuntjoro Adi Purjanto, M.Kes (PERSI)):

Deskripsi: Materi tentang kewajiban dan strategi-strategi yang harus dilakukan oleh manajemen RS untuk melakukan pencegahan fraud layanan kesehatan. Menekankan pesan PERSI bagi RS terhadap pencegahan kecurangan JKN.

materi   Video part 1   video part 2   video part 3

FORUM DISKUSI – Peran Manajemen RS dalam Pencegahan Fraud dalam Layanan Kesehatan di RS

Tugas: Pada modul ini Anda diminta untuk mendeskripsikan pendapat Anda mengenai fenomena fraud layanan kesehatan. Baik yang berpotensi terjadi di RS Anda maupun yang pernah Ada ketahui. Tugas dikerjakan berkelompok. Tugas dikirimkan kembali kepada pengelola melalui email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. 

Untuk mengakses seluruh topik diskusi yang sudah dibahas, silakan klik menu Forum Diskusi di atas. Pastikan Anda telah mempelajari aturan penggunaan forum untuk memperlancar proses diskusi.

Bila Anda mengalami kesulitan dalam menggunakan Forum Diskusi, Anda dapat menghubungi kami di email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.