Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

Seri Webinar Jaringan Global Keselamatan Pasien Pertama 2021 - Sistem pelaporan dan pembelajaran insiden keselamatan pasien

Akan dilaksanakan pada : 15:00 – 16:30 Central European Time (CET),
Friday 5 March 2021.

Keselamatan pasien telah menjadi salah satu komponen fundamental untuk mencapai Cakupan Kesehatan Universal. Di bawah lingkungan kompleks sistem kesehatan saat ini, sistem pelaporan dan pembelajaran insiden keselamatan pasien memainkan peran kunci dalam menemukan insiden keselamatan pasien, mengidentifikasi penyebab bahaya, dan mempelajari pendekatan untuk meningkatkan praktik guna memberikan pelayanan pasien yang lebih aman. WHO merilis tiga dokumen kunci tentang pelaporan insiden dan sistem pembelajaran - draft pedoman WHO untuk pelaporan kejadian tidak diharapkan dan sistem pembelajaran (2005), kerangka konseptual untuk klasifikasi internasional untuk keselamatan pasien (2009), dan model informasi minimum untuk keselamatan pasien ( 2016) - untuk mendukung desain, penerapan, dan pengelolaan pelaporan insiden keselamatan pasien dan sistem pembelajaran.

WHO baru-baru ini mempublikasikan, "Sistem pelaporan dan pembelajaran insiden keselamatan pasien: laporan dan panduan teknis" yang merupakan paket komprehensif untuk memberikan panduan teknis tentang alat penilaian mandiri. Panduan ini menguraikan kekuatan dan tantangan saat ini dalam sistem dan panduan praktis untuk membuat sistem lebih dapat berfungsi di semua pengaturan yang ada. Webinar ini akan menyajikan ikhtisar panduan teknis, dan pengalaman negara tentang bagaimana menerapkan dan mengelola pelaporan insiden keselamatan pasien dan sistem pembelajaran. Seri webinar ini juga terbuka untuk semua orang yang tertarik dengan keselamatan pasien.

Selengkapnya