Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

Patient Safety: Harga Mati!

SEJAK 2019 World Health Organization (WHO) mengkampanyekan keselamatan pasien melalui World Patient Safety Day. Dalam kampanyenya disebutkan bahwa tidak seorang pun boleh mendapatkan bahaya ketika sedang menjalani perawatan di fasilitas-fasilitas pelayanan kesehatan. Namun, kenyataannya, ada 134 juta orang pasien rumah sakit per tahun yang mendapatkan bahaya akibat perawatan yang tidak aman di rumah sakit-rumah sakit negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah. Petaka itu berkontribusi pada kematian 2,6 juta orang setiap tahun di kelompok negara-negara tersebut.

Data lain menambah keprihatinan dan sekaligus menunjukkan pentingnya pelayanan kesehatan yang aman untuk keselamatan pasien (patient safety). Hal ini akibat pelayanan yang tidak aman yang makin mengkhawatirkan karena insidennya makin banyak, baik di negara berpenghasilan rendah, berpenghasilan menengah, maupun berpenghasilan tinggi. Walhasil, masalah pelayanan kesehatan yang tidak aman merupakan masalah global, tantangan berat yang harus dihadapi bersama-sama.

Menurut WHO, pelayanan kesehatan yang tidak aman merupakan salah satu dari 10 penyebab utama kematian dan kecacatan di dunia. Di negara-negara berpenghasilan tinggi saja diperkirakan terdapat satu dari setiap 10 pasien mendapatkan bahaya saat menerima perawatan di rumah sakit. Secara global, sebanyak empat dari setiap 10 pasien mendapat insiden membahayakan dalam pelayanan kesehatan primer dan rawat jalan. Kabar baiknya, kasus-kasus itu sebenarnya bisa dihindari karena hingga 80% dari insiden-insiden membahayakan tersebut dapat dicegah.

Fakta-fakta itu mendorong WHO mengingatkan semua pihak akan pentingnya “budaya” keselamatan pasien (patient safety). Untuk itu, WHO kemudian menetapkan tanggal 17 September sebagai Hari Keselamatan Pasien Sedunia (World Patient Safety Day) yang untuk pertama kalinya diperingati pada tahun 2019.

Buku Patient Safety: Harga Mati! ditulis oleh Nico A. Lumenta, seorang pakar keselamatan pasien dan juga Ketua Komite Keselamatan Pasien Rumah Sakit PERSI yang pertama, serta pelaku sejarah pengembangan patient safety (keselamatan pasien) di Indonesia. Selain Nico, buku ini juga mendapat dukungan dari kontributor yang berpengalaman di bidang keselamatan pasien seperti Bambang Tutuko, Ketua Komite Nasional Keselamatan Pasien Rumah Sakit, dan tokoh-tokoh bidang keselamatan pasien lainnya.

Penulis :
Dokter Nico A. Lumenta, K.Nefro, MM, MHKes, FISQua adalah salah satu tokoh bidang patient safety (keselamatan pasien) Indonesia yang memiliki kompetensi mumpuni baik dari sisi keilmuan, pengalaman, maupun keorganisasian keselamatan pasien. Ia adalah ketua pertama organisasi nasional di bidang keselamatan pasien di Indonesia, yakni sejak diangkat menjadi Ketua Komite Keselamatan Pasien Rumah Sakit (KKP-RS) Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) tahun 2005.

TOKOPEDIA    SHOPEE