aktivitas

r1

Penulis: Eva Tirtabayu Hasri S.Kep.,MPH

Covid-19 menyebabkan klinisi masuk pada era new normal. Dulu, produktifitas klinisi diupdate melalui pelatihan konvensional atau tatap muka namun sekarang ada keterbatasan. Saatnya sekarang memanfaatkan era 4.0, update ilmu dan skills secara online.

Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) FK-KMK UGM telah menyelenggarakan pelatihan online audit klinis pada tanggal 8-10 Juni lalu. Ada 44 peserta berasal dari Yayasan Telkom Indonesia, FK-UNIKA, RS Respira Paru Bantul Yogyakarta, RS M. Djamil Padang, USAID Jalin Jawa Tengah dan RSIA Grand Family.

fotobimtekcp

Pandemi bukan menjadi masa berhenti belajar. Semangat inilah yang diusung oleh Divisi Manajemen Mutu – PKMK FK KMK UGM untuk tetap menyelenggarakan pelatihan terkait peningkatan mutu dan keselamatan pasien. Pelatihan diselenggarakan dalam bentuk online melalui aplikasi webex. Salah satu pelatihan online yang diselenggarakan adalah Bimbingan Teknis Penyusunan, Penerapan, dan Evaluasi Clinical Pathway. Bimbingan teknis (Bimtek) ini dilaksanakan pada 4 – 8 Mei 2020, pukul 09.00 – 12.00 WIB setiap hari. Narasumber utama dalam Bimtek ini adalah Dr. dr. Hanevi Djasri, MARS, FISQua dengan fasilitator drg. Puti Aulia Rahma, MPH, CFE.

Oleh: Eva Tirtabayu Hasri S.Kep.,MPH

bimtek3m1

Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) FK-KMK UGM telah telah menyelenggarakan pelatihan “Pengelolaan dan Audit Rekam Medis di FKTP” dalam bentuk bimbingan teknis tanggal 26-27 Februari tahun 2020. Kegiatan rutin diselenggarakan setiap tahun, peserta juga bisa secara khusus menyelenggarakan dalam bentuk in house training.

Peserta yang ikut berasal dari perguruan tinggi, balai diklat pelatihan dan Puskesmas. Namun, tidak menutup kemungkinan pihak-pihak lain seperti klinik, peneliti dan tenaga kesehatan lain yang berkerja ataupun tertarik mendalami Pengelolaan dan Audit Rekam Medis di FKTP mengikuti Bimtek ini.

Hal menarik yang perlu dibahas yaitu tentang adanya pengkajian awal klinis yang yang disyaratkan dalam standar akreditasi Puskesmas. Pengkajian awal klinis dilakukan kapan, apakah satu kali ketika datang pertama kali atau setiap kali datang?

Buku Bahan Ajar Dokumentasi Keperawatan PPSDM Kemenkes tahun 2017 menyebutkan bahwa Dokumentasi pengkajian awal keperawatan adalah dokumentasi pengkajian yang dibuat ketika pasien pertama kali masuk rumah sakit/ sarana kesehatan, data yang dikaji berupa data awal yang digunakan sebagai dasar dalam pemberian asuhan keperawatan. Ada FKTP yang melakukan pengkajian awal setiap kali pasien datang dan ada juga yang melakukan hanya saat pertama kali pasien datang ke FKTP. Namun dalam standar akreditasi Puskesmas tidak disebutkan secara jelas tentang hal ini.

bimtek3m2

b2 1

Yogyakarta – Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) FK KMK UGM bekerja sama dengan YAKES TELKOM menyelenggarakan In House Training (IHT) berjudul “Deteksi Potensi Fraud Layanan Kesehatan pada Lembaga Asuransi Kesehatan”. Kegiatan ini diselenggarakan di Yogyakarta dalam dua gelombang. Gelombang kedua kali ini dilaksanakan di Hotel Cakra Kusuma pada 11 – 13 Juli 2019. Total staf internal yang mengikuti pelatihan pada batch kedua ini adalah 52 orang. Peserta terdiri dari verifikator, asisten manajer pengendali medis (Asmandalmed), PIC di masing-masing faskes, maupun kepala klinik.

b1 2ags

Yogyakarta – Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) FK KMK UGM bekerja sama dengan YAKES TELKOM menyelenggarakan In House Training (IHT) berjudul “Deteksi Potensi Fraud Layanan Kesehatan pada Lembaga Asuransi Kesehatan”. Kegiatan ini diselenggarakan di Yogyakarta dalam dua gelombang. Gelombang pertama dilaksanakan di Gedung Tahir FK – KMK UGM pada 20 – 22 Juni 2019. Total staf internal yang mengikuti pelatihan pada batch pertama ini adalah 48 orang. Peserta terdiri dari verifikator, asisten manajer pengendali medis (Asmandalmed), PIC di masing-masing faskes, maupun kepala klinik.