Finalisasi Kurikulum dan Bahan Ajar MOOC SKDR

29mei24

Tanggal 28-29 Mei 2024, PKMK UGM telah sukses menyelenggarakan pertemuan Finalisasi Massive Open Online Course (MOOC) Pelatihan Penguatan Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon Penyakit Menular Potensial Kejadian Luar Biasa (KLB) di Unit Pelapor. Kegiatan ini merupakan tonggak penting dalam memastikan kualitas dan kesesuaian kurikulum dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Kegiatan ini merupakan Kerjasama antara PKMK dengan kementrian kesehatan, WHO (World Health Organization), JICA (Japan International Cooperation Agency), Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Ciloto dan didukung oleh CDC (Centers for Disease Prevention and Control) dan safetynet.

Acara berlangsung selama dua hari di Hotel Harris Tebet Jakarta, dengan fokus utama membahas 5 mata pelajaran pokok yang ada di kurikulum MOOC SKDR yaitu konsep dasar, penyakit potensial KLB, surveilans berbasis indikator, surveilans berbasis kejadian, serta peran dan fungsi pemangku kebijakan dalam SKDR. Selain pembahasan kurikulum, dalam acara ini juga dilakukan review bahan ajar yang telah disusun dalam bentuk multimedia interaktif.

Dalam kegiatan ini terlihat partisipasi aktif seluruh peserta dalam memberikan feedback terhadap kurikulum dan media pembelajaran yang telah dikembangkan. Hal ini membantu memastikan bahwa media pembelajaran interaktif yang disiapkan sudah siap untuk digunakan dan memenuhi kebutuhan tim surveilans di Indonesia.

Dengan demikian, pertemuan ini berhasil mencapai tujuannya untuk memfinalisasi kurikulum MOOC SKDR, mereview bahan ajar, dan menyempurnakan media pembelajaran interaktif. Semua hasil dari pertemuan ini akan menjadi landasan yang kuat untuk penyelenggaraan MOOC SKDR yang efektif dan berkualitas di masa yang akan datang.