Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

Bersiap Memberikan Vaksin COVID-19 untuk Pasien Anda

Pelatihan untuk Penyedia Layanan Kesehatan

Saat vaksin COVID-19 tersedia, departemen kesehatan akan menjadi mitra utama dalam memastikan keberhasilan Program Vaksinasi COVID-19, termasuk dengan menawarkan pelatihan kepada penyedia layanan kesehatan dalam manajemen, administrasi, dan pelaporan vaksin. Peluang orientasi akan fokus pada:

  • Rekomendasi vaksin ACIP COVID-19, jika tersedia
  • Cara memesan dan menerima vaksin COVID-19
  • Penyimpanan dan penanganan vaksin COVID-19 (termasuk persyaratan pengangkutan)
  • Cara pemberian vaksin, termasuk rekonstitusi, penggunaan bahan pembantu, ukuran jarum yang sesuai, lokasi anatomi untuk pemberian vaksin, menghindari cedera bahu dengan pemberian vaksin, dll.
  • Bagaimana mendokumentasikan dan melaporkan pemberian vaksin melalui Sistem Informasi Imunisasi (IIS) yurisdiksi atau sistem eksternal lainnya
  • Cara mengelola inventaris vaksin, termasuk mengakses dan mengelola tanggal kedaluwarsa produk
  • Bagaimana melaporkan inventaris vaksin
  • Bagaimana mengelola kunjungan suhu (temperature excursions)
  • Bagaimana mendokumentasikan dan melaporkan sisa penggunaan /membuang vaksin (wastage/spoilage)
  • Prosedur untuk melaporkan kejadian buruk ke Sistem Pelaporan Kejadian Buruk Vaksin (VAERS)
  • Cara membantu pasien mendaftar di v-safe , alat berbasis ponsel cerdas yang memeriksa pasien untuk menanyakan tentang efek samping setelah menerima vaksin COVID-19
  • Memberikan lembar fakta Otorisasi Penggunaan Darurat (EUA) atau Lembar Informasi Vaksin (VIS) kepada penerima vaksin
  • Bagaimana cara mengirimkan informasi fasilitas untuk klinik vaksinasi COVID-19 ke CDC (terutama untuk apotek atau penyedia / pengaturan vaksinasi volume tinggi lainnya)

Mengidentifikasi Penyedia Vaksin

Situs web The VaccineFinder membantu orang menemukan penyedia yang menawarkan vaksin tertentu. VaccineFinder juga memungkinkan penyedia untuk membuat daftar lokasi vaksinasi mereka dalam database terpusat yang dapat dicari dan untuk melacak pasokan vaksin. Ketika vaksin COVID-19 tersedia, VaccineFinder akan menjalankan dua peran dalam program vaksinasi COVID-19:

  • Pelaporan inventaris (wajib untuk semua penyedia vaksin COVID-19): Penyedia akan melaporkan inventaris vaksin COVID-19 setiap hari melalui VaccineFinder.
  • Meningkatkan akses ke vaksin COVID-19 (opsional untuk penyedia vaksin COVID-19): Setelah persediaan mencukupi, penyedia vaksinasi COVID-19 dapat memilih untuk menampilkan lokasinya di VaccineFinder, sehingga memudahkan masyarakat untuk menemukan lokasi penyedia yang memiliki Vaksin COVID-19 tersedia. CDC akan mengarahkan masyarakat untuk menggunakan VaccineFinder untuk mencari lokasi yang menawarkan vaksin COVID-19.

Melacak Vaksin COVID-19

Ketika vaksin COVID-19 tersedia, departemen kesehatan akan menyediakan pemantauan inventaris vaksin secara teratur, mendorong permintaan awal untuk memesan dan mengisi kembali persediaan dan memastikan ketersediaan sesuai kebutuhan.

Penyimpanan dan penanganan

Penyimpanan dan penanganan vaksin yang tepat adalah komponen penting untuk memerangi semua penyakit yang dapat dicegah oleh vaksin, termasuk COVID-19. Vaksin yang terkena suhu penyimpanan di luar kisaran yang disarankan mungkin telah mengurangi potensi, menciptakan perlindungan terbatas dan mengakibatkan vaksinasi ulang pasien dan ribuan dolar dalam vaksin yang terbuang.

Perangkat Penyimpanan dan Penanganan Vaksin Pusat Pengendalian dan Pencegahan (CDC) menyatukan praktik terbaik dari Komite Penasihat Praktik Imunisasi (ACIP), informasi produk dari produsen vaksin, dan hasil studi ilmiah.

Menerapkan praktik terbaik dan rekomendasi ini akan membantu melindungi pasien Anda, menjaga pasokan vaksin Anda saat tersedia.
Untuk penyimpanan spesifik dan rinci dan protokol penanganan untuk vaksin COVID-19, selalu mengacu pada informasi produk produsen dan sisipan paket saat tersedia, atau hubungi produsen secara langsung.

CDC akan terus memperbarui halaman web ini karena informasi lebih lanjut tentang vaksin COVID-19 spesifik yang disetujui ACIP tersedia.

Panduan Vaksinasi Aman

Bahkan sebelum vaksin tersedia, Anda dapat mulai berbicara dengan pasien Anda tentang langkah-langkah yang akan diambil untuk memastikan vaksinasi yang aman. Anda dapat menjelaskan bahwa Anda akan mengikuti panduan CDC untuk mencegah penyebaran COVID-19 di pengaturan perawatan kesehatan. Panduan ini meliputi:

  • Mengikuti rekomendasi untuk praktik pencegahan dan pengendalian infeksi (IPC) untuk pemberian perawatan kesehatan rutin selama pandemi.
  • Skrining dan triase semua orang yang memasuki fasilitas kesehatan untuk tanda dan gejala COVID-19.
  • Mewajibkan setiap orang yang memasuki fasilitas kesehatan untuk memakai masker yang menutupi mulut dan hidung untuk mencegah penyebaran sekresi pernapasan saat mereka berbicara, bersin, atau batuk.

Sumber: https://www.cdc.gov/vaccines/covid-19/hcp/prepare.html