Ketepatan Koding Untuk Mencegah Fraud Dalam Layanan Kesehatan

codingPusat Kebijakan dan Manajamen Kesehatan (PKMK) Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada bekerjasama dengan Rumah Sakit Arsani di Bangka memberikan pelatihan “peningkatan ketepatan koding diagnosis” tanggal 8 sampai 9 Januari 2018. Kegiatan dilakukan untuk memberikan pemahaman dan meningkatkan keterampilan kepada koder tentang kode diagnosis ICD 10 dan ICD 9 untuk mencegah terjadinya fraud dalam layanan kesehatan.

Kegiatan dibuka oleh direktur RS Arsani dr. Nur Sakti M.Kes. Ini adalah kali pertama RS Arsani bekerjasama dengan PKMK dan diharapkan akan ada pelatihan-pelatihan lainnya untuk mendukung pemahaman dan keterampilan peserta. Narasumber, ada Prof.dr.Laksono Trisnantoro, MSc.,PhD dan dr. Endang Suparniati, M.Kes didamping oleh 2 fasilitator Eva Tirtabayu Hasri S.Kep.,MPH dan Andriani Yulianti SE.,MPH.

Peserta pelatihan berkisar 25 orang, berasal dari 8 rumah sakit diwilayah Bangka. Selama pelatihan muncul berbagai pertanyaan seperti perbedaan tentang persepsi koding antara verifikator BPJS Kesehatan dan Rumah Sakit, kurang lengkapnya isi resume medis, dan perbedaan cara pengkodean oleh koder dan tenaga medis. Pelatihan “peningkatan ketepatan koding diagnosis” merupakan salah satu pelatihan yang diselenggarakan Divisi Manajemen Mutu PKMK FK UGM. RS lain dapat mengikuti kegiatan ini dalam bentuk in house training (IHT).

Penulis : Eva Tirtabayu Hasri S.Kep.,MPH (Ph.0823-2433-2525)

 

Add comment


Security code
Refresh