Rekam Medis FKTP Era Akreditasi FKTP

23marFasilitas Kesehatan Tingkat Primer (FKTP) diharuskan untuk mempunyai rekam medis, hal ini tertuang pada Bab VIII Manajemen Penunjang Layanan Klinis (MPLK). Standar 8.4 menyebutkan bahwa Kebutuhan data dan informasi asuhan bagi petugas kesehatan, pengelola sarana, dan pihak terkait di luar organisasi dapat dipenuhi melalui proses yang baku. Berdasarkan standar, FKTP harus mempunyai rekam medis.

Berkas rekam medis pasien adalah suatu sumber informasi utama mengenai proses asuhan dan perkembangan pasien, sehingga merupakan alat komunikasi yang penting. Agar informasi ini berguna dan mendukung asuhan pasien keberkelanjutan, maka perlu tersedia selama pelaksanaan asuhan pasien dan setiap saat dibutuhkan, serta dijaga selalu diperbaharui (up to date). Catatan medis keperawatan dan catatan pelayanan pasien lainnya tersedia untuk semua praktisi kesehatan pasien tersebut. Kebijakan Puskesmas mengidentifikasi praktisi kesehatan mana saja yang mempunyai akses ke berkas rekam medis pasien untuk menjamin kerahasiaan informasi pasien.

Fasilitas Kesehatan Tingkat Primer (FKTP) harus menyusun rekam medis sesuai dengan standar dan kriteria yang telah ditetapkan oleh komisi akreditasi FKTP. Untuk itu, FKTP perlu mengikuti pelatihan “penyusunan rekam medis FKTP” untuk memenuhi standar akreditasi dan meningkatkan mutu layanan yang diberikan kepada masyarakat. Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) FKKMK UGM telah menyelenggarakan pelatihan ini pada tanggal 23-24 Maret 2018. Peserta yang hadir berasal dari Puskesmas di Kab. Tulang Bawang.

Peserta mengikuti pelatihan ini dengan maksud untuk memperoleh gambaran tentang bentuk rekam medis FKTP karena selama ini rekam medis di FKTP menggunakan family folder. Narasumber pelatihan dr. Endang Suparniati M.Kes didampingi dua fasilitator Eva Tirtabayu Hasri, S.Kep, MPH & Andriani Yulianti MPH.

PKMK FKKMK UGM juga menyelenggarakan pelatihan ini dalam bentuk In House Training (IHT). Bagi bapak/ibu yang tertarik dapat menghubungi kontak kami. Berikut juga kami sampaikan testimoni dari peserta.

9apr

9apr

 

Video Testimoni

 

Penulis: Eva Tirtabayu Hasri S.Kep.,MPH
No HP: 0823-2433-2525
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. 

Add comment


Security code
Refresh