Bagaimana Strategi Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien di Rumah Sakit?

Peningkatan mutu dan keselamatan pasien (PMKP) merupakan tujuan utama dalam akreditasi rumah sakit. Banyak kegiatan yang harus disiapkan untuk mendukung tercapainya tujuan tersebut. Mulai dari menentukan struktur organisasi dna alur kerja Tim PMKP; penetapan prioritas di rumah sakit; penetapan indikator mutu area manajemen, klinis, dan sasaran keselamatan pasien;pengukuran indikator untuk menilai capaian; penyusunan dan implementasi clinical pathways; hingga penyusunan laporan PMKP dengan model PDCA.

Umumnya kegiatan seputar PMKP dikoordinir oleh sebuah Tim/ Komite. Tim perlu dibekali dengan keterampilan agar tugasnya optimal. Untuk mencapai tujuan ini, RS Awal Bros Bekasi Barat mengundang PKMK FK – KMK UGM sebagai narasumber dalam In House Training dengan topik Penyusunan, Penerapan, dan Implementasi Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP) di Rumah Sakit. Kegiatan ini diikuti oleh total 40 peserta dari berbagai rumah sakit disekitar Bekasi dan Jawa Barat.

Dalam kegiatan ini, peserta diajarkan teori dan praktek penetapan prioritas di rumah sakit, pemilihan indikator yang sesuai dengan prioritas yang dipilih, penetapan definisi operasional dan rumus perhitungan indikator, penyusunan program PMKP, hingga penyusunan laporan PMKP dengan model PDCA. Kegiatan dirancang padat dengan kegiatan praktek, untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta.

Selain dalam bentuk In House Training, PKMK FK – KMK juga menyelenggarakan Bimtek dengan topik ini. Penyelenggaraan dilaksanakan di Yogyakarta. Informasi lengkap mengenai Bimtek Penyusunan, Penerapan, dan Evaluasi Program Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien terdekat dapat Anda lihat pada link berikut

klik disini

Penulis: Puti Aulia Rahma, drg., MPH, CFE (This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. – 081329358583)

 

Add comment


Security code
Refresh