Mutu Gizi Pasien: Meningkatkan Program Perbaikan Gizi di Tingkat Organisasi Rumah Sakit

Upaya peningkatan pelayanan gizi pasien di rumah sakit masih menjadi topik bahasan minggu ini. Setelah dipaparkan artikel yang menyampaikan proses pelayanan gizi dari 'pandangan' atau sisi pasien serta upaya perbaikan proses pelayanan gizi yang dapat dilakukan di tingkat mikro, minggu ini akan disampaikan artikel yang memuat mengenai upaya perbaikan pelayanan gizi di tingkat organisasi.

Tidak hanya membahas mengenai upaya perbaikan atau peningkatan mutu pelayanan gizi di tingkat organisasi, salah satu artikel juga akan mengupas mengenai dampak dari malnutrisi yang dialami pasien yang dapat berdampak 'luas' pada proses pelayanan kesehatan pasien secara keseluruhan, salah satunya adalah biaya rumah sakit dapat mengalami peningkatan yang signifikan.

Mengacu pada uraian artikel-artikel tersebut diharapkan pengampu di tingkat organisasi dapat mengupayakan peningkatan mutu pelayanan gizi di rumah sakit. Tentu saja dengan mempertimbangkan berbagai aspek seperti penentuan identifikasi yang jelas terkait pasien yang memiliki risiko tinggi gizi buruk, kriteria diagnosis pasien gizi buruk, serta memperhatikan penggunaan tools yang sesuai untuk screening awal pasien. Selain itu dipaparkan pula salah satu gambaran yang dapat dipergunakan untuk peningkatan program mutu pelayanan gizi pasien yakni penggunaan 5 kunci dalam program perbaikan gizi di Rumah Sakit serta panduan membuat suatu pertemuan untuk meningkatkan program perbaikan gizi d RS. (lei)

Add comment


Security code
Refresh