"Selamat Hari Diabetes Nasional - 18 April 2015"

Pada Sabtu, 18 April 2015 lalu kita memperingati Hari Diabetes Nasional, peringatan ini seperti mengingatkan kita semua untuk senantiasa waspada agar tidak 'dihinggapi' penyakit tersebut. Seperti kita ketahui bahwa diabetes adalah penyakit dimana penderitanya tidak bisa secara otomatis mengendalikan tingkat gula (glukosa) dalam darahnya. Upaya yang bisa kita lakukan agar terhindar dari penyakit ini adalah dengan memperhatikan gaya hidup, pola makan, kebiasaan kita untuk berolah raga dan berbagai kebiasaan baik lainnya sehingga seluruh fungsi tubuh kita dapat berjalan dengan baik.

Mengapa penyakit diabetes harus dicegah seoptimal mungkin? Pertanyaan ini seperti pertanyaan retoris bagi kita semua, tetapi yang perlu diingat bahwa semakin memburuknya penyakit diabetes dapat memicu munculnya penyakit-penyakit berbahaya lainnya.

Pencegahan penyakit diabetes merupakan hal yang penting untuk kita lakukan, namun bagi individu yang telah menderita penyakit ini, maka upaya optimal 'wajib' dilakukan pada penatalaksanaan penyakit ini baik oleh provider pelayanan kesehatan maupun individu yang bersangkutan. Apabila minggu lalu kita telah menyimak artikel mengenai penyakit Diabetes Melitus dari sisi pasien, maka minggu ini akan kita ulas bagaimana upaya penatalaksanaan yang dapat dilakukan di tingkat unit pelayanan. Dua artikel berikut, masing-masing akan menyampaikan pengetahuan terkait risiko patah tulang pada pasien dengan Diabetes Melitus Tipe 2, dan artikel lainnya akan mengulas mengenai perkembangan teknologi dan metode keperawatan terhadap pasien pengidap Diabetes Melitus, yang diharapkan dapat memperkaya upaya peningkatan pelayanan mutu, "Selamat Hari Diabetes Nasional 2015". (LEI)

Add comment


Security code
Refresh