Analisa dan Usulan Kebijakan KIA: Menyambut Forum Nasional IV Jaringan Kebijakan Kesehatan Indonesia 2013 di Kupang

edi-2sepIndikator-indikator pencapaian MDG4 dan MDG5 masih belum tercapai dengan baik di Indonesia. Data terakhir di tahun 2012 menunjukkan terjadinya stagnasi pencapaian. Ada kekhawatiran bahwa kebijakan pengurangan kematian ibu dan bayi belum menunjukkan hasil yang diharapkan. Sementara itu di berbagai daerah dan kalangan masyarakat, termasuk yang mempunyai pendapatan rendah terjadi kecenderungan peningkatan penyakit tidak menular seperti stroke, gagal ginjal, dan diabetes.

Forum Tahunan ke IV Jaringan Kebijakan Kesehatan yang akan diselenggarakan di Kupang pada tanggal 4-7 September 2013, berusaha membahas masalah ini melalui penelitian empirik dan analisis kebijakan. Forum ini berusaha menjawab berbagai pertanyaan: 1) Mengapa berbagai kebijakan dan intervensi program KIA yang sudah menggunakan dana besar selama puluhan tahun ini belum berjalan dengan baik di Indonesia? 2) Di mana letak permasalahan dalam penyusunan kebijakan dan pelaksanaan program intervensi KIA di Indonesia? Apakah kebijakan saat ini tidak tepat? 3) Bagaimana usulan kebijakan mendatang dan strategi intervensi KIA di masa mendatang.

Forum ini antara lain akan menyajikan hasil analisa kebijakan KIA di Indonesia untuk memahami mengapa terjadi stagnasi pencapaian program KIA dan akan menyajikan berbagai policy brief yang berdasarkan pengalaman berbagai proyek inovasi dalam bidang KIA.

 

Add comment


Security code
Refresh