Visi, Misi, dan Pendekatan

Website Mutu Pelayanan Kesehatan dikembangkan oleh Pusat Manajemen Pelayanan Kesehatan (PMPK) FK-UGM dengan pengelola utama Hanevi Djasri, dr. MARS dan Prof. Adi Utarini MSc, MPH, PhD serta Tjahjono Kuntjoro, dr, MPH, DrPH.

Website ini memiliki Misi dan Visi sebagai berikut:

Misi

  1. Menyediakan berbagai sumber pembelajaran dalam bidang mutu pelayanan kesehatan
  2. Menyelenggarakan berbagai media diskusi dan berbagi pengalaman
  3. Menyelenggarakan berbagai media pelatihan dan peningkatan kompetensi

Visi

Website Mutu Pelayanan Kesehatan bertekad untuk menjadi media pembelajaran dan berbagi pengalaman dalam pengembangan dan penerapan sistem manajemen mutu pelayanan kesehatan di Indonesia yang bermanfaat bagi para praktisi, pemerhati dan mahasiswa (S1, S2 dan S3)

Pendekatan

Website ini mengadopsi pendekatan rantai efek peningkatan mutu dari Donald Berwick (2000), seorang Professor dalam 2 bidang dibidang yaitu ilmu kesehatan anak dan kesehatan masyarakat sebagaimana tergambar pada skema dibawah.

Skema tersebut menggambarkan bahwa untuk mencapai tingkat mutu yang diharapkan maka diperlukan upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan yang inisiatifnya harus dilakukan dari berbagai level/konteks, yaitu:

  1. Konteks sistem mikro pelayanan kesehatan (dengan fasilitator utama berasal dari para dokter, perawat dan klinisi lain serta staf lini terdepan)
  2. Konteks organisasi (dengan fasilitator utama berasal dari Manajer sarana pelayanan kesehatan, Direktur RS, Kepala Puskesmas serta Manajer sarana pelayanan kesehatan lain)
  3. Konteks lingkungan (dengan fasilitator utama berasal dari Departemen Kesehatan, Dinas Kesehatan, Lembaga asuransi kesehatan, Organisasi Profesi, dan Lembaga asosiasi)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Website lain dari PKMK FK UGM


deskesMsehatmpt
    aids2

Website terkait

   
  ahrq