Reportase Rekam Medis untuk Meningkatkan Mutu Tata Laksana Pelayanan Klinis

19ags2Minimnya tenaga rekam medis di Fasilitas Kesehatan Tingkat Primer (FKTP) banyak dikeluhkan oleh tenaga kesehatan, hal ini berdampak pada rendahnya kualitas RM. Kualitas RM menjadi bukti tata laksana layanan medis, keperawatan maupun kebidanan yang baik.

Audit rekam medis penting dilakukan untuk menilai mutu layanan yang diberikan oleh Nakes di FKTP, dilakukan dalam bentuk audit klinis. Standar akreditasi menyebutkan bahwa, audit klinis minimal dilakukan sekali dalam setahun. Secara fakta, audit klinis dapat dilakukan lebih dari itu.

Audit klinis dilakukan melalui beberapa tahapan, mulai menentukan topik audit, menyusun kriteria audit, mengumpulkan data, menganalisa data, menyusun rencana perbaikan dan re audit. Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) FK-KMK UGM secara rutin menyelenggarakan Bimtek ini dalam bentuk in house training ataupun pelatihan online. Sekitar ratusan Fasyankes, baik FKTP maupun FKRTL yang telah mengikuti Bimtek. Bimtek ini diselenggarakan sebagai bagian dari Bimtek Penyusunan, Pengelolaan dan Audit Rekam Medis di FKTP, narasumber dr. Sauma Nurlina Amalia sednagkan Bimtek khusus audit klinis narasumber dr. Hanevi Djasri MARS, FISQua.