drg. Puti Aulia Rahma, MPH

drg. Puti Aulia Rahma, MPH menyelesaikan pendidikan S1 dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada sekaligus pendidikan S2 dalam bidang Manajemen Rumah Sakit Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada pada tahun 2010. Menaruh minat besar dalam bidang jurnalistik sejak tahun 2005 namun baru bekerja secara profesional sebagai editor di Majalah Dental&Dental pada tahun 2010. Selain bekerja di Majalah Dental&Dental, sejak tahun 2010 juga tercatat sebagai Peneliti di Divisi Manajemen Mutu – Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan.

Pernah bekerja sebagai dokter gigi praktek pada tahun 2011 disebuah klinik gigi di Yogyakarta. Pekerjaan sebagai dokter gigi praktek hanya berjalan selama sekitar 1,5 tahun karena passion yang tumbuh ternyata bukan untuk melayani pasien terbatas "di dalam ruang praktek." Selain jurnalistik, bidang lain yang diminati adalah green living (tercatat sebagai anggota Green Peace sejak tahun 2012), travelling dan kesehatan masyarakat.

Di PKMK FK UGM, sejak 2011 menjadi koordinator Monitoring dan Evaluasi (Monev) Program Sister Hospital NTT hingga sekarang. Sejak 2012 tergabung dalam Pokja Kesehatan Ibu dan Anak. Pokja ini dibentuk sebagai sarana untuk menganalisis kebijakan-kebijakan terkait pelayanan kesehatan ibu dan anak. Setelah menganalisis kebijakan tersebut, beberapa artikel maupun rekomandasi kebijakan terkait KIA disajikan dalam website www.kesehatan-ibuanak.net dan www.kebijakankesehatanindonesia.net yang ditujukan bagi para pengambil kebijakan dan pelaksana dibidang kesehatan ibu dan anak. Saat ini juga masih aktif menjadi kontributor untuk website www.mutupelayanankesehatan.net dan menulis berbagai artikel dengan topik mutu pelayanan kesehatan.

Dalam tahun 2014, kegiatan yang dilakukan adalah: mengelola dan menjadi narasumber Blended Learning dengan topik: Pencegahan, Deteksi, dan Penindakan Fraud Pelayanan Kesehatan dalam Jaminan Kesehatan Nasional untuk kelompok Dosen dan Peneliti; kelompok Manajer, Klinisi, dan Peneliti di Rumah Sakit; serta kelompok Pimpinan dan Staf BPJS.

Bertugas juga sebagai asisten fasilitator untuk pelatihan Clinical Pathway di RSIA Aceh, RSUD Natuna, RSA UGM, dan RSUD Sampit; asisten narasumber dan fasilitator untuk Workshop Pengenalan Fraud Layanan Kesehatan dan Penyusunan Clinical Pathway bekerja sama dengan BPJS Kesehatan Divre Kalsel dan Kalbar dan Divre Kaltara dan Kaltim; serta narasumber dalam Pertemuan Fasilitas Kesehatan dan Tim Teknis TKMKB dalam Rangka Sosialisasi Kebijakan dan Pemahaman Bersama Pelaksanaan Program JKN Tahun 2014 BPJS Kesehatan Divisi Regional Jawa Timur dengan Topik Fraud dalam Layanan Kesehatan.