Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

Gelar BTCLS, Dinkes Kota Tangerang : Sasar Peningkatan SDM dan Pelayanan

Dinas Kesehatan(Dinkes) Kota Tangerang menggelar Pelatihan Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS), agenda tersebut dilaksanakan sebagai penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk peningkatan mutu pelayanan kesehatan yang maksimal.

 

Suhardiman, Kepala Seksi Surveilans Imunisasi dan Krisis Kesehatan Dinkes Kota Tangerang mengatakan, pelatihan ini semangatnya dalam rangka mempersiapkan SDM yang kompeten agar pelayanan kesehatan kepada masyarakat berjalan baik.

Kata Suhardiman melanjutkan, dalam BTCLS sekitar 40 peserta diberikan bekal teori dan praktek secara langsung. Diantaranya perwakilan dari Puskesmas di seluruh Kota Tangerang dan para Pegawai Dinkes yang dilaksanakan dari tanggal 18-22 April 201, di hotel yellow B kota Tangerang.

“Ada 33 perwakilan perawat Puskesmas se-Kota Tangerang dan juga jajaran dari Dinas Kesehatan mulai dari Bidang-bidang dan Seksi-seksi yang diberikan kemampuan dasar pelayanan kesehatan, totalnya 40 orang peserta,” ujarnya, Minggu(23/04/2017).

Suhardiman menegaskan kegiatan ini adalah bagian dari program Pemerintah Kota Tangerang dalam rangka mempersiapkan perawat yang siap dalam mendukung program pelayanan kesehatan Kota Tangerang diantaranya untuk mempersiapkan pelayanan Gawat Darurat 24 jam.

Selain memberikan pelatihan kepada SDM dalam program BTCLS tetapi menurutnya Dinkes Kota Tangerang juga mempersiapkan sarana dan prasarana, yaitu Puskesmas, Unit Gawat darurat (UGD), juga ada yang bersifat persalinan.

“Selain mempersiapkan SDMnya kita juga mempersiapkan dari sisi tenaga medisnya, selama inikan ada Ambulance gratis yang sudah di launching oleh Walikota Tangerang pada tahun lalu. Intinya untuk fisik kesehatan, yaitu ketika petugas penanggulangan bencana misalkan pada korban banjir mengalami cidera.

Tambahnya kata Suhardiman, pelatihan yang diberikan yaitu praktek balut membalut, praktek pertolongan mengenai penyakit jantung misal bagaimana memberikan pertolongan pertama pada saat memberikan nafas buatan, lalu pertolongan pertama kalau ada kecelakaan di jalan terutama membawa pasien.

“Jadi intinya adanya Pelatihan BTCLS dan penguatan SDM sangat penting bagi tenaga medis khususnya yang berada di Puskesmas,” pungkasnya. (advertorial)

http://www.penamerdeka.com/

 

Add comment


Security code
Refresh