Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

Bupati: Audit Dinas Kesehatan

Screen Shot 2017 10 30 at 2.38.09 PMMEULABOH - Bupati Aceh Barat Ramli MS memerintahkan Inspektorat melakukan audit keuangan, serta evaluasi terkait kinerja Dinas Kesehatan Aceh Barat menyusul banyaknya laporan kasus kematian bayi dan pasien di sejumlah Puskesmas.

“Audit yang kita lakukan ini bukan untuk mencari kesalahan, akan tetapi untuk memperbaiki kinerja dan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat,” kata Ramli MS yang menghubungi Serambi, Jumat (27/10).

Ia menjelaskan evaluasi yang dilakukan tersebut nantinya meliputi kinerja kepala dinas beserta seluruh jajaran, termasuk kinerja petugas medis di setiap Puskesmas.

Ia juga menyayangkan hingga kini masih ada kasus kematian bayi dan pasien di Puskesmas di Aceh Barat, akibat tak adanya petugas medis yang melayani masyarakat dengan baik.

Sehingga telah berdampak buruk kepada pelayanan dan kualitas kesehatan masyarakat.
Menurut Ramli MS ke depan, dengan keluarnya hasil audit dan evaluasi di jajaran Dinas Kesehatan Aceh Barat, maka akan dapat diketahui dengan baik bagaimana solusi untuk membenahi persoalan kesehatan di Aceh Barat.

Sementara itu Bupati Ramli MS juga mengapresiasi demonstrasi yang dilakukan mahasiswa di Dinas Kesehatan Aceh Barat pada Jumat (26/10), terkait kasus kematian bayi berusia 1,5 bulan di Kecamatan Sungai Mas pekan lalu. Ia mengakui aksi massa tersebut sebagai bentuk pengawasan masyarakat yang mendukung kinerja pemerintah daerah meningkatkan kualitas dan mutu layanan kesehatan masyarakat. “Ke depan pelayanan (kesehatan) kepada masyarakat harus lebih maksimal, sudah saatnya kita membalas jasa rakyat,” kata Ramli MS.(edi)

 

Sumber: http://aceh.tribunnews.com/