Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

Pemkot Kendari Minta Sekolah Awasi Jajanan Siswa

Screen Shot 2017 11 01 at 3.17.53 PMKENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari meminta pihak sekolah untuk mengawasi makanan dan minuman yang dijual pedagang disekitar sekolah.

Hal ini demi memberikan jaminan mutu dan keamanan terhadap pangan jajanan anak sekolah (PJAS).

“Kita berharap pengelolah sekolah melakukan pendekatan persuasif dengan pedagang-pedagang yang menjajakan dagangannya di sekitar sekolah. Kita ingin pastikan bahwa silahkan mencari keuntungan, tapi jangan sampai mengorbankan masa depan anak-anak kita,” kata Wakil Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir, di ruang kerjanya, Selasa (31/101/2017).

Dikatakan, jika jajanan yang disediakan oleh pedagang disekitar sekolah mengadung zat kimia yang membahayakan maka bisa merusak generasi bangsa dan bisa dibayangkan seperti apa kualitas generasi muda di masa yang akan datang.

Sulkarnain mengungkapkan, untuk memberikan jaminan mutu dan keamanan jajanan anak sekolah, Pemkot Kendari telah berkoordinasi dengan BPOM Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk melakukan pengawasan, evaluasi, dan jajanan disekitar sekolah agar sehat dan aman buat anak-anak.

“Saya sudah koordinasi, tapi anggota BPOM terlalu sedikit untuk melakukan itu. Sehingga saya menyarankan mungkin bisa bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Kendari untuk melakukan pengawasan, evaluasi dan jajanan disekitar sekolah,” jelasnya.

Baca Juga : BPOM: Jajanan yang Ada di Sekitar Tamkot Bebas dari Bahan Pengawet

Ia juga mengatakan, kedepannya bila diperlukan Pemkot akan membuat regulasi berupa surat keputusan wali kota untuk peraturan pengawasan, evaluasi dan jajanan disekitar sekolah.

Selain itu, Sulkarnain juga meminta sekolah di Kota Kendari menyediakan kantin sehat. Menurutnya pendirian kantin sehat merupakan upaya yang sangat strategis. Sebab, asupan gizi dari makanan yang dikonsumsi anak-anak harus terjaga dengan baik.

“Jika pangan yang dimakan anak-anak itu baik, maka hadirlah generasi yang sehat dan berkualitas. Namun apabila sebaliknya, tentu berbagai resiko akan dirasakan. Untuk itu sekolah harus menyediakan kantin sehat dan bisa mengakomodir pedagang-pedagang kita yang mencari kehidupan,” tuturnya.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKS Kota Kendari ini juga menghimbau kepada siswa-siswa di sekolah untuk tidak terlalu banyak jajan diluar. Lebih baik membawa bekal dari rumah, sebab itu lebih aman. (B)

 

Sumber: http://zonasultra.com/

Add comment


Security code
Refresh