Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

Lokmin, Upaya Tingkatkan Derajat Kesehatan, Apa Itu???

Screen Shot 2017 11 03 at 8.53.07 AMKOTAWARINGIN LAMA – Untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, Puskesmas Kotawaringin Lama (Kolam) menggelar lokakarya mini (lokmin)

lintas sektoral di aula Puskesmas Kolam, Selasa (31/10). Kegiatan ini digelar secara rutin tiga bulan sekali.

Kepala Puskesmas Kolam Gusti Sadikin mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya menjalin kerjasama dengan semua pihak guna meningkatkan pelayanan serta merealisasikan program kesehatan.

“Tanpa ada dukungan kerjasama lintas sektor mustahil semua program kesehatan dari puskesmas bisa dilaksanakan,” katanya.

Dia memberikan contoh tentang program kebersihan lingkungan. Jika hanya berpatokan dari puskesmas tanpa dukungan dari pemerintahan desa, pemerintahan kelurahan ataupun instansi lainnya, program ini tidak bisa dijalankan secara maksimal.

Dengan kegiatan ini peserta dapat memberikan masukan dan keluhan tentang pelayanan kesehatan yang nantinya dapat menjadi acuan dan perbaikan di dalam memberikan pelayanan kesehatan.

Kegiatan lokakarya mini mendapat sambutan baik oleh semua pihak. Ini dapat dilihat dari tiga kali pertemuan kehadiran para stakeholder tingkat kecamatan dan desa serta kelurahan yang ada di dalam wilayah kerja Puskesmas Kolam cukup tinggi.

Pada pertemuan ini dibahas kesepakatan untuk melakukan kegiatan pencapaian kinerja puskesmas yang belum tercapai khususnya kegiatan yang berhubungan dengan peran lintas sektoral terkait.

Pegawai Puskesmas Kolam Julkifnidin menambahkan, dalam lokakarya mini tersebut disepakati tindak lanjut pembentukan kampung percontohan PHBS di Kelurahan Kotawaringin Hulu dan Kelurahan Kotawaringin Hilir serta Desa Sagu Sukamulya.

“Kemudian disepakati penyerapan dana ADD minimal 10 persen untuk kegiatan bidang kesehatan khususnya Desa Rungun,” ucapnya.

Selanjutnya dimantapkan pelaksanaan kegiatan pemeriksaan kesehatan berkala dan penyuluhan kesehatan bagi pelajar serta penetapanan kawasan tanpa rokok di instansi pemerintah dan lingkungan pendidikan.

Di bidanag pelayanan posyandu ditingkatkan kerjasama dengan pemerintahan desa dan kelurahan. Selanjutnya menghidupkan kembali kegiatan upaya kesehatan kerja di Kelurahanan Kotawaringin Hulu dan Kelurahan Kotawaringin Hilir.

Dalam lokakarya mini ini juga digelar sosialisasi imunisasi vaksin Rubella MR untuk tahun 2018 serta penyampaian informasi sejumlah kegiatan Hari Kesehatan Nasional ke-53 Puskesmas Kolam. (gst/yit)

 

Sumber: http://sampit.prokal.co/

Add comment


Security code
Refresh