Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

Tahun 2018, Seluruh Puskesmas Ditarget Buka 24 Jam

Screen Shot 2017 11 18 at 11.00.23 PM copyKLIKPENAJAM.COM - Gubernur Kalimantan Timur, Awang Faroek Ishak menargetkan tahun 2018 mendatang seluruh kecamatan di Kaltim sudah memiliki layanan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) 24 jam.

Langkah ini merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada seluruh lapisan masyarakat.

"Oleh karena itu, kita targetkan akhir 2018 mendatang seluruh puskesmas yang tesebar di kecamatan-kecamatan pelayanannya sudah 24 jam,'' tegas Awang Faroek pada Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 di halaman Kantor Gubernur Kaltim, Senin (13/11/2017).

Pemprov Kaltim, lanjut Awang Faroek terus berupaya meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan berkualitas bagi masyarakat. Upaya itu dilakukan sesuai dengan visi misi yang telah disusun. Salah satunya melalui peningkatan pelayanan kesehatan, baik di puskesmas maupun rumah sakit.

Target tersebut kata Awang Faroek, bisa dicapai dengan kerja keras seluruh pemangku kepentingan baik di provinsi maupun di kabupaten/kota, dalam bentuk program peningkatan akses dan mutu pelayanan kesehatan dengan mengembangkan puskesmas menjadi Puskesmas 24 jam. Terutama yang berada di daerah terpencil, perbatasan dan pulau terluar hingga dapat menangani kasus-kasus kesehatan dan memberikan pertolongan sebelum dikirim ke rumah sakit.

"Berkaitan dengan hal tersebut maka Pemprov Kaltim telah melakukan revitalisasi pelayanan puskesmas dengan mengembalikan fungsi awal keberadaannya sebagai puskesmas yang selalu siap melayani 24 jam," ujarnya.

Dikatakan, sampai September 2017, terdapat 186 puskesmas. Dari jumlah itu sebanyak 53 unit sudah terakkreditasi, fasilitas kesehatan tingkat pratama (FKTP) sebanyak 54 unit. Sementara Puskesmas 24 jam terdapat 112 unit tersebar di kabupaten/kota. Akhir 2018 ditargetkan seluruh kecamatan telah memiliki Puskesmas 24 jam.

"Untuk menjamin mutu pelayanan kesehatan maka seluruh puskesmas selain pelayanananya 24 jam, juga harus terakreditasi pada tahun 2018. Sampai dengan sekarang sudah terdapat 53 unit puskesmas yang terakreditasi dari 186 puskesmas yang ada," kata Awang Faroek.

Ditambahkan, untuk meningkatkan akses pelayanan kesehatan khususnya karena masalah geografis di daerah terpencil, perbatasan dan pulau terluar, maka Pemprov Kaltim juga telah membangun Rumah Sakit Pratama di beberapa kabupaten/kota. (*)

Sumber: http://www.klikpenajam.com/