Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

RSUP Dr Sardjito Terakreditasi Internasional 'JCI'

Screen Shot 2017 12 08 at 12.33.44 PMYOGYA (KRjogja.com) - RSUP Dr Sardjito Yogyakarta dinyatakan lulus akreditasi internasional dari Joint Commision International (JCI), pada 27 November lalu.

Dengan akreditasi internasional ini berarti mutu pelayanan kesehatan di RSUP Dr Sardjito telah berstandar internasional.

Direktur Utama RSUP Dr Sarjito, Dr dr Darwito SH SpB(K)Onk mengatakan, dengan akreditasi JCI ini, RSUP Dr Sardjito menjadi satu-satunya rumah sakit di DIY yang lulus akreditasi internasional. Selain itu satu-satunya rumah sakit atau Academic Medical Center (AMC) di Indonesia yang akreditasi internasionalnya dengan standar tertinggi, edisi 6.

Menurut Darwito, untuk meraih akreditasi ini, RSUP Dr Sardjito harus memenuhi syarat penilaian dari 1.272 elemen indikator. Jadi keselamatan pasien (Patient Safety) sejak awal datang sudah dinilai sistem maupun fasilitasnya. Di antaranya, lantai tidak boleh licin, pasien tidak boleh terjabak di lift atau kamar mandi atau jangan sampai tertular penyakit saat berobat di rumah sakit. "Orientasinya adalah keselamatan pasien, jadi semua aspek dinilai," terang Darwito kepada wartawan saat jumpa pers di Ruang Bulat, Gedung Administrasi RSUP Dr Sardjito, Selasa (5/12/2017).

Sebagai 'Mitra Terpercaya Menuju Sehat', RSUP Dr Sardjito berkomitmen untuk meningkatkan mutu pelayanannya. Selain itu bertekad menjadi pusat transplantasi ginjal di Indonesia, pusat transplantasi kornea, pusat bayi tabung dan pusat jantung terpadu dan kanker. "Kita sudah berhasil transplantasi ginjal 37 pasien dan itu bisa ditanggung BPJS Kesehatan. Sehingga setelah ditransplantasi ginjalnya, pasien tidak perlu cuci darah lagi," pungkasnya. (Dev).

 

 

 

 

 

Oleh: Agus Sigit

Sumber: http://krjogja.com/web/news/read/51529/RSUP_Dr_Sardjito_Terakreditasi_Internasional_JCI

Add comment


Security code
Refresh