Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

Bupati Palas Resmikan Gedung Puskesmas Binanga

Screen Shot 2018 01 18 at 3.43.53 PMPALAS - Bupati Palas H.Ali Sutan Harahap (TSO), Rabu (18/1/2018) meresmikan Puskesmas Binanga, Kecamatan Barumun Tengah, Kabupaten Padang Lawas

sekaligus penyerahan Kartu Indonesia Sehat (KIS).Dalam sambutannya, Bupati menyebutkan, pembangunan kesehatan merupakan aspek penting dalam kerangka pembangunan nasional dengan tujuan meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujudnya derajat kesehatan masyarakat.

Pembangunan kesehatan mencakup upaya mencegah terjadinya penyakit, upaya yang harus dilakukan terorganisir, terkoordinasi dan sinergis untuk mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi.

"Pembagunan kesehatan adalah bagian integral dari pembangunan nasiinal yang bertujuan mewujudkan peningkatan mutu dan daya saing SDM, untuk mencapai pembangunan kesehatan secara menyeluruh, berjenjang dan terpadu," kata Bupati.

Dikatakannya, Puskesmas Binanga salah satu yang sudah terakreditasi. Tentunya fasilitas untuk pelayanan kesehatan masyarakat khususnya masyarakat Barumun Tengah sudah mampu disediakan.

"Jadi (masyarakat) tidak perlu lagi berobat jauh, karena fasilitas Puskesmas Binanga termasuk rawat inap sudah bisa melayani masyrakat dengan baik," ujar Bupati yang akrab disapa Tongku Sutan Oloan (TSO).
Peresmian ini, kata dia, sebagai salah satu misi mewujudkan Palas Bercahaya.

"Mudah-mudahan dengan diresmikannya Puskesmas Binanga ini lebih mempermudah masyarakat kita berobat. Kami juga berharap, SDM pelayan kesehatan di puskesmas ini senantiasa siap melayani," pintanya.
Peningkatan pembangunan di segala sektor terus digenjot selama kepemimpinan H Ali Sutan Harahap bersama drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu ini.

Begitu juga di bidang pelayanan kesehatan. Seperti diketahui, Puskesmas Binanga yang direnovasi tahun 2017 lalu, kini sudah bisa melayani.

Rangkaian peresmian puskesmas binanga turut dihadiri Wakil Bupati drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu, Sekda Arpan Nasution SSos, Ketua TP-PKK Hj Yusra Ali Sutan, Dandim 0212/TS Letkol ARM Azhari, Kadis Kesehatan Hj Leli Ramayulis.
Turut mewakili DPRD H Baharuddin Daulay, dan sejumlah pimpinan OPD serta para camat, juga hadir ratusan masyarakat Barumun Tengah.

Agenda peresmian gedung baru Puskesmas Binanga ini juga ditandai dengan pengguntingan pita, dilanjutkan penandatanganan prasasti, sekaligus peninjauan ruang baru puskesmas tersebut.

Di situ, Bupati didampingi Wakil Bupati ini juga menyerahkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan honor petugas insentif honor posyandu secara simbolis.

 

Oleh: Ibnu Sakti Nasution

Sumber: https://www.gosumut.com/