Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

Poskesdes Ini Fokus Bantu Kesehatan Ibu dan Anak

Screen Shot 2018 04 03 at 3.48.03 PMBANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Dalam rangka peningkatan Program Kesehatan Ibu dan Anak serta Program Keluarga Sehat, Puskesmas Mantewe

mencoba melakukan terobosan yaitu dengan menunjuk Kader Pengejar Ibu Hamil dan Timbangan Balita.

Menurut Kepala Puskesmas Mantewe Arditya AW, para kader ini nantinya bertugas untuk mengingatkan para ibu hamil baik yang sedang hamil pertama atau kedua dan seterusnya untuk selalu rutin memeriksakan kehamilannya.

Sedangkan untuk ibu-ibu yang memiliki balita, agar terus datang pada kegiatan posyandu rutin.

Kecenderungan yang terjadi selama ini adalah setelah mendapat imunisasi dasar lengkap, biasanya mereka menjadi enggan datang secara rutin. Para ibu baru datang kembali saat pembagian kapsul vitamin A di bulan Februari dan Agustus.

Sedangkan untuk meningkatkan penetrasi maksimal di tiap lingkungan, dilakukanlah kerjasama dengan Pemerintah Desa Sarimulya yang melibatkan aparat desa.

Fokus utama pelayanannya adalah melalui Poskesdes Sarimulya. Kegiatan Posyandu bulanan yang rutin dilaksanakan menjadi salah satu indikator tingkat Kesehatan Ibu dan Anak dan Program Keluarga Sehat. (Banjarmasinpost.co.id/Man Hidayat)

Sumber: http://banjarmasin.tribunnews.com/

Add comment


Security code
Refresh