Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

Rail Clinic PT KAI Layani Pengobatan Gratis di Cilacap

Screen Shot 2018 07 26 at 3.19.24 AMTEMPO.CO, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) memberikan layanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis bagi warga Gandrungmangu,

Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, dengan menggunakan Kereta Sehat (Rail Clinic) di Stasiun Gandrungmangun.

"Hari ini ada pemeriksaan kesehatan dan pengobatan yang merupakan kegiatan CSR (Corporate Social Responsibity) PT KAI, khususnya Daop 5 Purwokerto, yang dilaksanakan di Stasiun Gandrungmangun," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto Supriyanto di Stasiun Gandrungmangun, Desa Gandrungmangu, Kecamatan Gandrungmangu, Cilacap, Jawa Tengah, Rabu, 18 Juli 2018.

Supriyanto menjelaskan, kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis tersebut untuk masyarakat di sejumlah desa di sekitar Stasiun Gandrungmangun. KAI mengundang sekitar 300 warga untuk mengikuti kegiatan tersebut meskipun tidak menutup kemungkinan jumlah warga yang hadir melebihi yang diundang.

Supriyanto mengatakan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis yang dilakukan di dalam Kereta Sehat itu dilayani tiga dokter umum, dua dokter gigi, tenaga medis, optisien, dan apoteker. KAI juga memberikan layanan pemeriksaan inspeksi visual dengan asam asetat (IVA) untuk mendeteksi kanker serviks sedini mungkin.

"Rail Clinic (Kereta Sehat) ini merupakan generasi keempat yang dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seperti laboratorium, USG, ruang farmasi, ruang pemeriksaan gigi, dan sebagainya. Selain itu juga dilengkapi dengan Rail Library atau Kereta Pustaka Digital yang ditujukan untuk anak-anak sekolah," katanya.

Supriyanto mengatakan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis tersebut rutin dilaksanakan di setiap daop secara bergantian minimal dua kali dalam setahun. PT KAI saat ini memiliki empat rangkaian Kereta Sehat (Rail Clinic) yang tersebar di Pulau Jawa dua unit dan Sumatera dua unit.

 

Oleh: Antara (Reporter), Anisa Luciana (Editor)

Sumber: https://bisnis.tempo.co/read/1108133/rail-clinic-pt-kai-layani-pengobatan-gratis-di-cilacap