Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

Tim Akreditasi Puskesmas Kemenkes RI Kunjungi Puskesmas Toddopuli

Screen Shot 2018 09 13 at 2.45.38 PMTRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Tim penilai akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Kementerian Kesehatan mengunjungi Puskesmas Todopuli Makassar di Jl Toddopuli, Makassar, Jumat (3/8/2018).

Dalam kunjungannya itu, Ketua tim penilai akreditasi FKTP Kemenkes RI, Apris menilai Puskesmas Toddopuli sudah cukup baik, khususnya dari segi bangunan.
"Di sini sudah bagus, yang pertama dari sisi gedungnya itu sudah sesuai dengan Permenkes 75 tahun 2014, manajemen puskesmas ibu hamil wajib harus seperti sebelumnya harus membuat dari segi SDM-nya kalau sesuai dengan permenkes uskesmas ini," katanya.

Apris menjelaskan, penilaian ini perlu dilakukan untuk melihat kinerja pelayanan kesehatan di tingkat daerah khususnya puskesmas di Makassar.
"Selama ini kan puskesmas merasa bahwa mereka sudah bekerja dengan maksimal, penilaian itu dilakukan oleh masyarakat. Puskesmas katakan bahwa itu maksimal tetapi masyarakat belum tentu, oleh karena itu perlu ada penilaian hasil. Dari penilaian ini akan ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan melalui lembaga komisi akreditasi apakah lulus atau tidak," tuturnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin mengatakan pihaknya telah melakukan upaya maksimal untuk pelayanan kesehatan di Makassar, khususnya di tingkat Puskesmas.

"Kita memberikan pelayanna maksimal kesehatan kepada masyarakat. Kita serahkan sama tim penilai," ujarnya.
Meski begitu, Naisyah menyebut Puskesmas Todopuli masih kekurangan tenaga kesehatan, disebabkan sejumlah PNS telah berpindah tugas ke tempat lain.(*)

 

 

 

 

Oleh: Fahrizal Syam

Sumber: http://makassar.tribunnews.com/2018/08/03/tim-akreditasi-puskesmas-kemenkes-ri-kunjungi-puskesmas-toddopuli