Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

RSU Aisyiah Ponorogo Raih Predikat Tingkat Paripurna Bintang Lima dari KARS

Screen Shot 2019 02 04 at 10.52.47 AMTIMESINDONESIA, PONOROGO – RSU Aisyiah Ponorogo tahun 2019 berhasil meraih kembali Tingkat Paripurna Bintang Lima dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Keberhasilan tersebut menjadikan RSU Aisyiyah Ponorogo sebagai rumah sakit pertama yang lulus akreditasi Tingkat Paripurna Bintang Lima di Karisidenan Madiun. Predikat tersebut diperoleh berdasar penilaian Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) menggunakan metode regulasi, dokumen, wawancara, simulasi dan konfirmasi (REDOWSKO).

Surveyor tidak hanya melakukan penilaian terhadap aspek administrasi tetapi juga menelusuri pelayanan di lapangan untuk melihat implementasi seluruh stakeholder. Selain petugas, wawancara dan konfirmasi juga dilakukan kepada pasien dan keluarganya untuk membuktikan mutu pelayanan.

"Keberhasilan tersebut merupakan hasil dari kerja keras dan semangat seluruh stakeholder di rumah sakit. Semoga kian menambah semangat untuk meningkatkan mutu pelayanan secara berkesinambungan dan memprioritaskan keselamatan pasien," ujar dr. H. Wegig Widjanarko, MMR Direktur RSU Aisyiyah Ponorogo, Kamis (24/1/2019).

Menurut dia, RSU Aisyiah terus berupaya memberikan pelayanan yang sesuai dengan harapan masyarakat. Sebagai Rumah sakit tipe C, RSU Aisyiah sudah memiliki fasilitas standar berupa pelayanan medik umum, pelayanan kegawat daruratan, pelayanan medik spesialis dasar, pelayanan penunjang medis dan pelayananan medis spesialis lain. Selain itu ada layanan penunjang antara lain layanan antar obat gratis dan pendaftaran online.

"Mulai awal Januari ada penambahan bed hemodialisis dari 4 bed menjadi 8 bed, dari 2 shift menjadi 3 shift. Bulan Februari akan segera dibuka klinik Spesialis Dermatologi dan Venereologi atau spesialis kulit," jelasnya.

Sebagai salah satu indikator penjamin mutu pelayanan Rumah Sakit merupakan sebuah proses penilaian dan penetapan kelayakan rumah sakit berdasarkan standar pelayanan yang telah ditetapkan oleh lembaga independen Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Predikat akreditasi Tingkat Paripurna Bintang Lima yang diperoleh RSU Aisyiah Ponorogo diperoleh sesuai hasil resurvei yang dilaksanakan pada 27-30 November 2018 yang melibatkan sejumlah surveyor berkompeten dan profesional meliputi bidang manajemen, medis, dan keperawatan.(*)

 

 

Sumber: https://www.timesindonesia.co.id/read/197862/20190124/164636/rsu-aisyiah-ponorogo-raih-predikat-tingkat-paripurna-bintang-lima-dari-kars/

Add comment


Security code
Refresh