Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

Jelang Akreditasi Puskesmas Girijaya terus berbenah

Screen Shot 2019 04 25 at 2.55.17 PMSUKABUMI, INFODESAKU – Menjelang akreditas,i Puskesmas Girijaya Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat

terus berbenah, mulai dari pembagunan sarana dan prasarana hingga penunjang pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

Dijelaskan kepala Puskesmas Girijaya H. Nasihin, tujuan utama akreditasi puskesmas adalah untuk pembinaan peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan, sehingga mampu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, ujarnya diruang kerja, rabu (24/04/2019).

Menurutnya, Puskesmas merupakan unit layanan kesehatan primer yang lebih mengutamakan upaya pencegahan penyakit, dan sebagai tempat paling strategis untuk promosi kesehatan daripada pengobatan dan rehabilitasi penyakit.

“Penyelenggaraan Puskesmas diatur dalam Permenkes nomor 75 tahun 2014. Di Puskesmas sendiri memiliki program-program utama yang lebih fokus pada kesehatan perseorangan dan masyarakat di daerah, yakni berupa program seperti pos pelayanan terpadu (posyandu), Puskesmas keliling serta pelatihan kader yang bertujuan untuk pencegahan dan menanggulangi masalah kesehatan yang ada di masyarakat.” terang Nasihin.

Lebih lanjut dikatan Nasihin, selama ini masih saja ada masyarakat yang memandang sebelah mata tentang pelayanan Puskesmas, oleh karena terbatasnya tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan di Puskesmas. Oleh karena itu, pemerintah melakukan usaha peningkatan mutu di Puskesmas, salah satunya ialah dengan dilakukannya akreditasi. Akreditasi Puskesmas ialah pengakuan yang diberikan oleh pemerintah terhadap standar pelayanan di Puskesmas. Akreditasi penting dilakukan untuk meningkatkan mutu pelayanan serta keselamatan pasien.

“Selain itu, setiap hari selasa, kami rutin mengadakan sosialisasi kepada masyaratkat dan juga meminta tangapan kepada masyarakat melalui pelaksanaan survey mawas diri (SMD), SMD sendiri adalah kegiatan pengenalan, pengumpulan dan pengkajian masalah kesehatan oleh sekelompok masyarakat setempat di bawah bimbingan tenaga kesehatan di Desa.

Diharapkan Masyarakat bersepakat untuk menanggulangi masalah kesehatan melalui pelaksanaan desa siaga dan Poskesdes, pungkasnya.

 

Laporan : Rt/BA

Sumber: https://www.infodesaku.co.id/2019/04/24/jelang-akreditasi-puskesmas-girijaya-terus-berbenah/

Add comment


Security code
Refresh