Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

Pertemuan Loka Karya Mini Maksimalkan Akreditasi Puskesmas

Screen Shot 2019 05 07 at 11.02.03 AMPALANGKA RAYA - Pertemuan loka karya mini lintas sektor, untuk membantu memaksimalkan akreditasi Puskesmas Mungkubaru,

telah diselenggarakan di Aula Kelurahan Pager Kecamatan Rakumpit, Senin (29/4).

Wakil Camat Rakumpit, Sri Utomo SPd MAP, mengatakan, seperti diketahui dan tercantum dalam Pasal 39 Permenkes Nomor 75 Tahun 2014, bahwa dalam upaya peningkatan mutu pelayanan, puskesmas wajib diakreditasi secara berkala paling sedikit tiga tahun sekali.
"Akreditasi sangat penting untuk kemajuan pelayanan puskesmas," jelas Sri Utomo, kepada tamu yang hadir seperti Koordinator PLKB, PPAI Kecamatan, Kepala Puskesmas Mungkubaru Yunedi SKM dan seluruh lurah se-Kecamatan Rakumpit, ketua RW/RT, tokoh masyarakat, Babinsa serta Babinkamtipmas.

Selain itu, dia mengatakan, bahwa kesehatan bukan hanya tanggung jawab puskesmas saja, melainkan tugas bersama. Supaya warga di wilayah Kecamatan Rakumpit bisa hidup sehat, lanjutnya, salah satunya dengan mencegah demam berdarah dengue (DBD) dan mengimbau masyarakat untuk melakukan gerakan 4 M plus.
“Yaitu menguras, menutup mengubur dan memantau, serta gerakan Indonesia sehat yang dimulai dengan germas (gerakan masyarakat sehat),” ujarnya.

Di samping itu, tambah dia, sekcam yang pernah menjabat Kepala Pusat Layanan Autis (PLA) Kota Palangka Raya mengusulkan pembangunan puskesmas dengan fasilitas rawat inap. Mengingat fasilitas rawat inap paling dekat di Kecamatan Bukit Batu.
Di tempat yang sama, Kepala Puskesmas Yunedi SKM, menuturkan, puskesmas sangat membutuhkan peran aparat kecamatan dan kelurahan serta dukungan dari semua instansi dalam membudayakan hidup sehat di masyarakat.

"Puskesmas sangat mengharapkan Kader dari FKD untuk lebih peka terhadap permasalahan kesehatan," tandasnya.
Kegiatan lintas sektoral tersebut, diakhiri dengan penandataan komitmen yang dilakukan oleh sekcam, lurah, ketua RT/RW, tokoh masyarakat, Tim PKK, PLKB, guru, penyuluh pertanian, Babinsa dan Babinkamtipmas dalam meningkatkan pelayanan Puskesmas Rakumpit. (pri/aza/CTK)

 

Oleh: Elis

Sumber: https://kaltengpos.co/berita/-23047-pertemuan_loka_karya_mini_maksimalkan_akreditasi_puskesmas.html