Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

RS Mitra Bangsa Pati Gelar Pemeriksaan Osteoporosis

Screen Shot 2019 10 10 at 10.28.15 AMKOTA – RS Mitra Bangsa Pati mengadakan seminar umum osteoporosis dengan para pemateri ahli di bidangnya. Puluhan warga yang terdiri dari berbagai usai antusias mengikuti pemahaman tentang osteoporosis.

Setelah seminar, peserta mengecek langsung kepadatan tulang untuk mengetahui kesehatan tulang.

Owner RS Mitra Bangsa yang juga anggota Komisi IX DPR RI Imam Suroso juga turut dalam pengecekan tulang. Ia mengatakan, kegiatan seminar kesehatan tentang osteoporosis itu sangat baik. Karena dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat terutama lansia. Seminar yang dipandu dari dokter ahli di bidangnya salah satunya dari Universitas Diponegoro Semarang memberikan pengetahuan dan tips kesehatan tentang osteoporosis.

Menurut Imam, pengetahuan tentang kesehatan tulang sangatlah penting. Sebab tulang adalah bagian tubuh cukup vital. Apabila tulang sehat, maka aktivitas manusia juga lancar dan semangat. Ke depan seminar yang mengedukasi masyarakat tentang kesehatan akan terus dilaksanakan. Seperti kesehatan jantung, ginjal, hingga diabetes.

“Dengan pengetahuan itu, bisa memberikan wawasan kepada masyarakat. Ini merupakan upaya preventif yang lebih penting. Mencegah lebih baik daripada mengobati,” kata Imam yang didampingi Direktur RS Mitra Bangsa Sugeng Ristanto.

Sugeng menambahkan, seminar itu sebagai penutup HUT ke-16 RS Mitra Bangsa. Ini sebagai sumbangsih kepada masyarakat Pati supaya lebih memahami tentang osteoporosis. Topik tentang osteoporosis dipilih karena angka harapan hidup semakin meningkat sehingga jumlah masyarakat usia lanjut juga meningkat. Pihaknya juga ingin mengenalkan kepada warga bahwa RS Mitra Bangsa kini memiliki spesialis rehabilitasi medis yang tiap hari praktik di rumah sakit.

Sementara itu salah satu pemateri dr. Aloysia Marlini mengatakan osteoporosis terjadi karena kepadatan tulang yang terganggu. Banyak orang awam tidak mengetahui osteoporisis tidak hanya dialami lansia, juga perokok berat, terlalu banyak minum kpi, suka tiduran, dan pemakai obat-obatan. “Kami memberikan pemahaman dan tips kepada masyarakat. Salah satunya harus ada gerakan yang dilakukan supaya menjaga kesehatan tulang,” paparnya.

(ks/put/him/top/JPR)

 

 

Oleh: Ali Mustofa
Sumber: https://radarkudus.jawapos.com/read/2019/04/03/129340/rs-mitra-bangsa-pati-gelar-pemeriksaan-osteoporosis