Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

BPJS Kesehatan Cabang Sampit Komitmen Gencarkan Program Promotif dan Preventif

Screen Shot 2019 11 11 at 6.31.40 AMSampit, Jamkesnews - Selain fokus pada kuratif dan rehabilitatif dalam program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS)

, BPJS Kesehatan juga selalu menggalangkan program promotif dan perventif (promprev). Program promprev berfokus pada promosi dan pencegahan terhadap kesehatan peserta yang terdaftar dalam program JKN-KIS, salah satunya adalah program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis). Prolanis berlaku di setiap FKTP yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, dimana diwajibkan untuk membentuk klub prolanis, yang anggota klub tersebut terdiri dari peserta yang menderita penyakit Hypertesi (HT) dan Diabetes Mellitus Type II.

Dalam kegiatan yang dipantau oleh tim Jamkesnews.com pada Rabu (24/04) di Puskesmas Kota Besi, para peserta Prolanis mendapatkan edukasi dan pemeriksaan kesehatan untuk meningkatkan status kesehatan peserta program JKN-KIS.

Kepala bidang Penjaminan Manfaat Primer (PMP) BPJS Kesehatan Cabang Sampit Rusmalita PS menyampaikan bahwa program Prolanis BPJS Kesehatan adalah upaya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan membantu menyukseskan program Jaminan sosial di bidang Kesehatan. Rusmalita menambahkan bahwa sampai dengan saat ini sudah terdapat 55 Klub Prolanis yang terdaftar di FKTP wilayah Kantor Cabang Sampit dengan jumlah peserta terdaftar penderita HT 1.132 dan DM type II 186 jiwa.

“Untuk pelaksanaan Prolanis sendiri terdapat beberapa kegiatan seperti Skrining Primer/Skunder, aktivitas fisik seperti senam, edukasi terkait kesehatan dan Home Visit. Selain itu juga terdapat manfaat tambahan untuk peserta Prolanis yaitu pemeriksaan kesehatan bagi peserta yang dilaksanakan setiap dua kali dalam satu tahun yaitu berupa pemeriksaan kimia darah dan sampel HbA1c bekerjasama dengan pihak Laboratorium Prodia Sampit,” tutur Rusmalita.

Selain dari kegiatan Prolanis, BPJS Kesehatan juga bekerjasama dengan FKTP untuk pemeriksaan IVA dan juga bekerjasama dengan Laboratorium Prodia Samp sampai dengan bulan November 2019 untuk pemeriksaan Papsmear, tujuan dari pemeriksaan tersebut untuk mendeteksi secara dini kanker servix. Sehingga pencegahan secara dini bisa ketahui.

Dengan berbagai program promotif dan preventif yang dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan. diharapkan masyarakat bisa tergabung dalam program tersebut dan jga tentunya tetap bisa menjaga pola hidup sehat. (KA/tr)

 

 

 


Sumber: http://www.jamkesnews.com/jamkesnews/berita/detail/nws/12082/20190426/bpjs-kesehatan-cabang-sampit-komitmen-gencarkan-program-promotif-dan-preventif