Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

Peringati Hari Aids Sedunia, Ratusan Dokter dan Masyarakat Senam Pagi Bareng ODA di Tangerang

Screen Shot 2019 12 02 at 12.32.20 PMTRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Memperingati Hari Aids sedunia yang ke-30 kalinya, Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PDSPDI) Banten, senam pagi bareng bersama Orang dengan Aids (ODA)

di kawasan Tangcity Mall, Minggu (1/12/2019).
Acara tersebut diawali dengan senam pagi selama satu jam lamanya, lalu diiringi menandatangani spanduk putih bentuk anti diskriminasi penyandang HIV/AIDS.

Tak lupa diselenggarakan diskusi dan talkshow kepada dokter ahli HIV/AIDS, dan komunitas masyarakat, serta talk show membahas seputar HIV/AIDS.
"Kami ingin momentum 1 Desember ini sebagai pemahaman kepada masyarakat, menghilangkan diskriminasi kehidupan di masyarakat," tutur dokter Edison Saragih, Ketua PDSPDI Cabang Banten.

Menurutnya, penanganan dan masa depan ODA tidak lepas dari keterlibatan masyarakat, terutama gerasi muda, pemerintah dan para stakeholder.
Menurut dia, secara sosial, ODA memiliki hak yang sama untuk mendapat pekerjaan, kehidupan yang layak, tidak boleh dibedakan lantaran penyakit apa yang dimilikinya.
"Yang menjadi penyebab diskiriminasi adalah ketidaktahuan mereka apa itu HIV/AIDS, menularnya lewat apa, itu yang harus lebih disosialisasikan," kata Edison.
Makanya, puluhan dokter penyakit dalam dari berbagai rumah sakit, mengajak serta ODA, para pendamping, dan masyarakat untuk berbaur dan beraktifitas bersama.
"Saya tekankan sekali lagi, HIV/AIDS hanya bisa menular melalui darah, hubungan seksual lantaran bisa ditularkan lewat sperma atau cairan dari kelamin, serta air ASI," tutur Edison. (*)

 

 

Oleh: Ega Alfreda

Sumber: https://jakarta.tribunnews.com/2019/12/02/peringati-hari-aids-sedunia-ratusan-dokter-dan-masyarakat-senam-pagi-bareng-oda-di-tangerang