Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

Puskesmas Kalimulya Tangkal Penyakit Kusta

Screen Shot 2020 01 30 at 11.07.21 AMRADARDEPOK.COM, CILODONG – Memperingati Hari Kusta Nasional pada 25 Januari, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Kalimulya memberikan informasi dan pencegahan penyakit kusta kepada masyarakat yang berobat.

“Kusta adalah penyakit menular. dapat tertular dari kontak langsung dan saluran pernapasan. Sehingga harus segera ditangani sebelum menjalar,” jelas Kepala UPT Puskesmas Kalimulya Dr Toni Hermawan, Rabu (29/1).

Pasalnya, penyakit kusta juga sangat berbahaya apabila tidak dilakukan penanganan. Toni mengungkapkan, kulit akan mengalami kerusakan yang serius. Bahkan bisa mengalami kebutaan dan cacat fisik.

“Iya bisa, karena reflek menutup mata hilang sehingga kornea mata kering dan akhirnya buta. Jadi penyakit ini jangan dianggap biasa, karena tidak ada penyakit yang sepele. Konsultasi ke puskesmas atau dokter terdekat untuk mendapatkan pengobatan,” ungkapnya.

Saat ini, sambung Toni, UPT Puskesmas Kalimulya mempunyai obat bagi para penderita kusta. Sehingga masyarakat yang terkena diminta untuk melakukan pengecekan. Sebab, kusta memiliki perbedaan dengan penyakit kulit lainnya, di mana gejala awal paling mudah terlihat adalah bercak putih pada kulit dan akhirnya mengalami mati rasa.

“Kalau sudah begitu, cepat ditanganu karena bila tidak kusta juga bisa mengancam kecacatan bagi si penderita,” terangnya Toni.

Sementara, Lurah Kalimulya Nandang Juhana menegaskan, agar warga menegakan pola hidup yang bersih dan sehat, tentunya dengan diiringi asupan gizi yang baik, agar tubuh menjadi kebal dari ancaman penyakit.

“Harus diperhatikan. selain itu, cuci tangan pakai sabun agar terhindar kari bakteri yang masuk ke dalam perut,” Tambah Nandang di ruang kerjanya.

Masyarakat dihimbau untuk saling memantau satu dengan yang lain. Bagi masyarakat yang sudah mengetahui terdapat obat kusta di Puskesmas Kalimulya agar berikan informasi ini kepada warga yang menderita penyakit kulit kusta untuk dilakukan pengobatan segera. (rd)

 

 

Jurnalis : Arnet Kelmanutu (IG : @kelmanutuarnet)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

Sumber: https://radardepok.com/2020/01/puskesmas-kalimulya-tangkal-penyakit-kusta/