Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

Bahaya, Ibu Hamil Minum Alkohol Bayi Bisa Cacat

Tumbuh kembang bayi bisa ditentukan dari pola perilaku sang Ibu saat masa kehamilan. Hal yang bisa dilakukan tentunya adalah menjaga pola hidup sehat seperti asupan makanan bergizi. Namun, itu saja tidaklah cukup.

Dalam masa kehamilan Ibu Hamil (bumil) ditekankan untuk menghindari kebiasaan buruk, khususnya bagi yang suka merokok dan minum alkohol.

Dijelaskan spesialis kandungan, dr. Jesurun Bangun Daud Hutabarat M.(Ked)OG, Sp.OG, konsumsi alkohol selama hamil dapat berbahaya karena organ hati janin belum terbentuk dengan sempurna. Sehingga tubuhnya tidak mampu menyaring racun dan zat berbahaya lainnya. "Alkohol tersebut mampu menembus bayi melalui plasenta. Ketika ibu minum alkohol mengalir dengan aliran darah dengan cepat. Kemudian, masuk melalui plasenta hingga mencapai bayi dalam kandungan,"ujar dokter Jesurun dalam Webinar bersama ZAP belum lama ini.

Ia menjelaskan jika kebiasaan ini tak bisa ditinggalkan, maka yang terjadi adalah terhambatnya pertumbuhan sang bayi. Dalam beberapa kasus, dokter Jesurun menyebut akan ada beberapa resiko seperti keguguran, kematian janin dalam kandungan hingga cacat fisik.

"Cacat fisik seperti prilaku dan intelektual seumur hidup pada bayi yang dikenal sebagai gangguan spektrum alkohol janin," imbuhnya.

sumber: https://www.genpi.co/berita/60634/bahaya-ibu-hamil-minum-alkohol-bayi-bisa-cacat 

 

 

Add comment


Security code
Refresh