Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

147 Ibu Hamil di Kalsel Terinfeksi Covid-19 Selama Pandemi, 7 Meninggal Dunia

Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Kalimantan Selatan (Kalsel) mengungkapkan selama pandemi sebanyak 147 ibu hamil di Kalsel terinfeksi Covid-19. Ketua POGI Kalsel Bambang Abimanyu mengatakan dari 147 ibu hamil tersebut, 7 diantaranya meninggal dunia.

Data tersebut kata Bambang merupakan data dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin yang merupakan rumah sakit rujukan Covid-19 di Kalsel. "Datanya dari RSUD Ulin, 7 meninggal dari 147 yang terinfeksi selama pandemi," ungkap Bambang saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (8/9/2021).

Jumlah kematian ibu hamil di Kalsel, menurut Bambang, terbilang rendah jika disesuaikan dengan total ibu hamil yang terinfeksi. Penyebab kematian mereka pun rata-rata karena terlambat dibawa ke rumah sakit.

"Datang dalam keadaan positif dan ada komorbid sehingga penanganannya tidak maksimal," jelasnya. Bambang menambahkan, untuk meminimalisir resiko penularan Covid-19 terhadap ibu hamil, maka jalan keluar untuk mengantisipasi hal tersebut adalah vaksinasi. "Kalau ibu hamil terinfeksi kondisinya memang berat. Jadi memang sangat disarankan dan diprioritaskan untuk divaksin," jelasnya.

sumber: https://regional.kompas.com/read/2021/09/08/140236478/147-ibu-hamil-di-kalsel-terinfeksi-covid-19-selama-pandemi-7-meninggal