Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

Ketidakserasian antara Kebijakan Penanganan Pasien UGD dengan Praktek yang Terjadi, Mengapa?

Masalah kesehatan di Indonesia masih menjadi perhatian banyak instansi pemerintah dan masyarakatnya. Karena kebijakan yang telah ditetapkan tidak sesuai dengan praktek yang dilakukan para tenaga kesehatan di lapangan. Mengapa kebijkan yang telah ditetapkan tidak dijalankan sesuai dengan tujuan meningkatkan derajata kesehatan? Apakah sulit menjalakan kebijakan yang telah ditetapkan? Salah satunya kebijakan yang ada di UGD (Unit Gawat Darurat) setiap instansi kesehatan.

UGD merupakan sebuah unit terdepan dalam penanganan pasien yang gawat darurat (emergency) yaitu menangani pasien yang memerlukan pengobatan segera pada penyakit akut ataupun cedera yang harus segera ditangani, karena unit ini yang menangani pasien saat pasien pertama masuk ke rumah sakit. Oleh karena itu, sangat diharapkan dari perawat, dokter, dan administrasi rumah sakit untuk memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan. Apa saja yang diutamakan dalam penanganan pasien di UGD.

UGD memiliki 5 prioritas penanganan, yaitu: 1) Harus segera ditolong berupa kasus atau penyakit yang mengancam jiwa dan gawat darurat berat. 2) Gawat darurat kasus atau penyakit yang mengalamikritis atau sangat sakit. 3) Berpotensi mengalami perburukan dalam waktu yang dekat. 4) Kondisi serius namun bukan kegawatan berada dalam kondisi sedang. 5) tidak mendesak, dapat tangani dengan perda sakitnya terlebih dahulu Adapaun contoh kasus atau penyakit yang harus segera ditangani supaya tidak mangancam jiwa pasien, yaitu; serangan jantung atau berhentinya detak jantung seorang pasien, cedera fisik akibat kecelakaan baik kecelakan transportasi maupun kecelakaan kerja, kesulitan bernapas keadaan dimana pasien mengalami sesak napas, gagal napas yang mengalami kekurangan oksigen, pasien yang mengalami stroke, pasien yang mengalami keracunan.

selengkapnya dapat dibaca pada link berikut

https://www.kompasiana.com/putrisalsabila9904/624f76983794d179d0649c42/ketidakserasian-antara-kebijakan-penanganan-pasien-ugd-dengan-praktek-yang-terjadi-mengapa