Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

Pentingnya Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit untuk Perkembangan Layanan Kesehatan di Era Digital 4.O

Sistem informasi modern saat ini telah menggunakan komputer untuk hasil akhir, masing-masing terhubung melalui jaringan yang dioptimalkan dan terintegrasi. Perawatan kesehatan merupakan aspek yang paling penting dari masyarakat dan banyak penyedia layanan kesehatan menghadapi tantangan untuk menawarkan layanan praktis dan aktif kepada pasien.

Hal tersebut tidaklah mudah, sebuah rumah sakit memerlukan sistem manajemen yang efisien untuk menangani segala sesuatu yang terjadi di sekitarnya. Mengingat rumah sakit merupakan organisasi multispesialis dimana banyak orang yang keluar masuk sehari-harinya.

Apa itu sistem informasi rumah sakit? Sistem Informasi rumah sakit atau disebut sebagai sistem informasi klinik, adalah sistem informasi terpadu dan komprehensif yang dikembangkan untuk mengelola aspek keuangan, administrasi, dan klinis rumah sakit. Setiap rumah sakit menggunakan perangkat lunak sistem manajemen untuk mengelola dan mengendalikan data di sebagian besar unit pelayanan terkait inventaris rumah sakit dan catatan pasien secara efisien, baik di front office maupun back office, seperti : keuangan, rawat jalan, rawat inap, instalasi bedah, keperawatan, radiologi, laboratorium, , farmasi, dan sebagainya. Mengapa sistem manajemen rumah sakit sangat penting :

  • Manajemen profit yang lebih tinggi
  • Pengambilan keputusan klinis yang ditingkatkan
  • Cara terbaik untuk membuat rumah sakit maju secara teknis
  • Keamanan data yang ditingkatkan
  • Menghilangkan kesalahan dan dapat memantau setiap detail secara instan.
  • Reputasi yang lebih tinggi melalui peringkat kualitas yang baik.
  • Pilihan yang terjangkau untuk setiap rumah sakit.
  • Kemungkinan kesalahan sedikit dalam menginput data
  • Peningkatan kemampuan pengambilan dan keamanan data
  • Peningkatan efisiensi dan perawatan pasien.

Penggunaan utama sistem manajemen informasi rumah sakit adalah untuk mengelola dan mengurus manajemen perawatan kesehatan. Sistem ini telah membawa pasien, staf rumah sakit, perawat, dan dokter untuk menambah semua aset dan informasi di mana saja dan kapan saja. Sistem manajemen informasi rumah sakit terkini yang efisien dan canggih memiliki banyak fitur hebat. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam menerapkan sistem informasi manajemen rumah sakit :

A. Kecepatan dan Hasil proses

Bila sistem manajemen rumah sakit mengikuti prosedur operasional standar maka tidak ada kemungkinan terjadi penyimpangan pada salah satu sistem manajemen rumah sakit yang efektif. Dengan penerapan sistem informasi manajemen di rumah sakit pasien akan mendapatkan pelayanan dengan lebih baik, yaitu dengan mengakses laporan real-time pasien, informasi lain mengenai pasien, data klinis masa lalu dan banyak lagi yang dapat dilakukan dengan cepat dan mengarah pada hasil terbaik. Sistem manajemen rumah sakit membuat pekerjaan karyawan rumah sakit lebih mudah diakses dan meningkatkan kecepatan proses kelengkapan hasil yang lebih baik pula.

B. Hemat Biaya

Sistem informasi manajemen rumah sakit membantu melacak dan mengontrol keuangan, mengurangi kebocoran data serta mengurangi pekerjaan manual. Sistem manajemen rumah sakit membantu untuk mengurangi pekerjaan manual yang dilakukan oleh karyawan rumah sakit terutama bagi orang-orang yang mengurus catatan dan dokumentasi dengan aman. Sistem manajemen rumah sakit membantu mengurangi biaya sumber daya manusia karena sebagian besar pekerjaan dilakukan secara otomatis. Jika rumah sakit sepenuhnya menerapkan SIMRS, dengan memelihara dokumen wajib untuk mematuhi standar peraturan.biaya yang terkait dengan penyimpanan dan persyaratan maka rumah sakit tersebut akan menjadi rumah sakit yang bebas kertas (Paperless).

C. Pengurangan Kesalahan

Sistem manajemen rumah sakit akan membantu dalam mengurangi berbagai jenis kesalahan yang dibuat melalui intervensi seperti tagihan yang hilang, kegagalan operasional, kesalahan klinis, kebocoran biaya, janji yang hilang dan banyak lagi. Setiap proses pada sistem manajemen rumah sakit (perangkat lunak) dibuat otomatis dan tanpa campur tangan manusia serta mengurangi kesalahan secara signifikan.

Misalnya, jumlah tagihan akhir pasien dapat dengan mudah dibuat jika rumah sakit mengaktifkan SIMRS karena laporan dan tagihan sampel lainnya sudah aman terdata dalam ID pasien. Jika rumah sakit tidak mengaktifkan SIMRS maka Anda harus menggunakan entri manual yang melibatkan terlalu banyak kesalahan manusia, jadi memilih SIMRS akan membuat bagian penagihan lebih mudah, lebih cepat, akurat, dan lebih transparan.

D. Keamanan dan kemampuan mengambil data

Dalam sistem manajemen rumah sakit terkini telah dipakai salah satu perangkat lunak berbasis cloud di mana semuanya saling terkait dan tidak ada kemungkinan terjadi pelanggaran karena mereka memiliki keamanan data yang tinggi.

E. Peningkatan Perawatan Pasien

Peningkatan efisiensi kerja dan peningkatan akses data pasien bertujuan untuk keputusan klinis yang lebih cepat dan lebih baik. Seorang dokter memiliki dukungan yang lebih dengan menerima diagnosa pasien sesegera mungkin agar terapi dapat segera dilakukan. Semua unit layanan di rumah sakit saling berhubungan dan terintegrasi dengan SIMRS ini juga meningkatkan kualitas perawatan terhadap pasien serta performa rumah sakit itu sendiri.

F. Kualitas dan kepatuhan

Setiap rumah sakit harus mengirimkan laporan kelahiran dan kematian yang terjadi setiap bulannya. Bila laporan tersebut masih manual agak sedikit sulit mengaturnya. Sebaliknya dengan memakai SIMRS membantu staf atau karyawan mengirim laporan lebih cepat dan pada waktu yang tepat. Setiap laporan dipantau dan dikelola dalam Sistem Manajemen Rumah Sakit secara cermat dan efisien untuk mendapatkan hasil yang akurat.

Sistem Manajemen Informasi Rumah Sakit (SIMRS) yang fleksibel dan efisien memiliki peran penting di setiap rumah sakit. Dalam hal sistem kesehatan. perawatan kesehatan yang profesional beradaptasi dengan perkembangan teknologi terbaru untuk menjaga infrastruktur mereka tetap tinggi. Sistem informasi rumah sakit membantu organisasi layanan kesehatan untuk mengatasi tantangan rumit yang di hadapi dalam industri layanan kesehatan saat ini.

Di era digital seperti sekarang ini rumah sakit harus memiliki fokus penuh pada kepuasan pasien dan memastikan pasien puas dengan layanan yang diberikan Setiap manajerial rumah sakit dipastikan lebih memilih sistem informasi rumah sakit yang uptodate untuk rumah sakit mereka agar layanan terkoordinasi dengan cepat, pengurangan biaya, pengurangan waktu tunggu dan penerimaan kembali, peningkatan keselamatan pasien dan perawatan klinis.

Sistem manajemen rumah sakit yang efisien akan membuat seluruh proses ini berjalan mulus dengan mengelola data yang dihasilkan secara real time dengan cara yang lancar dan mudah dipahami. Dalam sistem manajemen rumah sakit yang baik semua data dari berbagai unit mulai dari pengadaan bahan, sumber daya manusia, kebutuhan energi hingga penagihan, keuangan dan manajemen inventaris. Semua itu disusun dan direpresentasikan secara bermakna sehingga lebih cepat dalam proses pengambilan keputusan.

Singkatnya, sistem manajemen rumah sakit yang baik akan menghasilkan peningkatan jaringan rumah sakit dengan mengelola sumber daya, menghindari pemborosan, membuat tenaga kerja yang efisien, dan pengelolaan data yang lebih baik. Sistem seperti itu dapat memberikan perawatan tanpa kerumitan bagi pasien dan membuat pekerjaan semua orang menjadi lebih mudah. Tidak heran bila saat ini beberapa rumah sakit bersaing dalam hal sistem informasi rumah sakit yang terdepan, informatif, dan hemat biaya, serta menyediakan solusi lengkap terhadap layanan mutakhir yang tepat

Oleh: Nur Azmi

Mahasiswi Magister Kesehatan Masyarakat fakultas kedokteran Universitas syiah kuala

sumber: https://ruangberita.co/news/pentingnya-sistem-informasi-manajemen-rumah-sakit-untuk-perkembangan-layanan-kesehatan-di-era-digital-4-o/index.html