Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

Oleh:

Hanevi Djasri1, Novi Zein Alfajri2 dan Sugiarsih2
1Mewakili Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) FK UGM, Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS), Perhimpunan Rumah Sakit Indonesia (PERSI) dan Asosiasi Rumah Sakit Daerah (ARSADA), 2Mewakili RS Akademik UGM

PENGANTAR

Bertempat di Queen Elisabeth International, pada 2-4 Oktober 2017, The International Society for Quality in Health Care (ISQua) kembali mengadakan pertemuan internasional tentang mutu pelayanan kesehatan, kegiatan ini merupakan konferensi ke-34.

Pertemuan tahun ini mengambil tema "Learning at the System Level to Improve Healthcare Quality and Safety" sebuah tema yang tim penulis nilai sangat aktual dengan kondisi di Indonesia yang membutuhkan berbagai perbaikan sistem kesehatan nasional dan daerah dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di era JKN.

Terbagai menjadi 11 sesi yang secara kontekstual relevan untuk Indonesia, yaitu sesi tentang pentingnya mendengarkan suara atau pendapat dari para pasien, mengelola database untuk menghasilkan keputusan dan regulasi yang tepat (misalnya mengelola data klaim INA CBGs atau data pelayanan P-Care ataupun data dari hasil survei akreditasi KARS), kemudian sesi tentang bagaimana sebaiknya regulasi yang dapat mempengaruhi perbaikan tata kelola, serta sesi untuk mempelajari mengenai berbagai upaya peningkatan mutu dari negara berkembang lainnya.

Sesi lain terkait dengan pengembagan sistem untuk menjaga keselamatan pasien, proses pendidikan dan pelatihan peningkatan mutu melalui cara berbagi (sharing) antara institusi, serta mungkin yang paling menarik adalah tentang disruptive improvement and adaptive change; serta beberapa sesi spesifik seperti mutu dan keselamatan pada saat krisis, mutu bagi pelayanan kesehatan jiwa dan mutu dalam pelayanan kesehatan masyarakat.

Tahun ini kembali memecahkan rekor jumlah perwakilan Indonesia yang hadir dalam pertemuan ISQua, tercatat lebih dari 30 peserta antara lain dari KARS, RSA UGM, RS Pelni, RSCM, RS Jantung Harapan Kita, FK UGM, FK UB, dan FKM UI. Para peserta hadir untuk mengikuti konferensi dan menyajikan berbagai hasil penelitian masing-masing dalam bidang mutu dan pelayanan kesehatan, baik dalam bentuk presentasi oral maupun poster.

Reportase disusun secara harian selama tiga hari yaitu mulai pada Senin-Rabu, 2-4 Oktober 2017, yang akan memuat ringkasan isi materi yang disajikan oleh para pembicara baik pada sesi pleno maupun sesi pararel. Di samping itu, reportase juga akan memuat pandangan/pendapat penulis terkait dengan konteks di Indonesia dan usulan tindak lanjut. Reportase akan dimuat di berbagai web yaitu: www.mutupelayanankesehatan.net, www.kars.or.id, www.pdpersi.or.id, www.arsada.or.id, dan www.rsaugm.ac.id.

Para pembaca diundang untuk memberikan tanggapan ataupun komentar secara online. Diharapkan dengan adanya reportase ini dapat memberikan ide-ide baru bagi para penggiat peningkatan mutu pelayanan kesehatan di Indonesia.

Reportase hari I   Reportase hari II   Reportase hari III