Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

Kerangka Acuan Kegiatan

Joint Research Pengukuran, Evaluasi dan Tindak Lanjut Indikator Kualitas Fasilitas Pelayanan Kesehatan Berbasis Website

Kerjasama Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) FK UGM
dengan BPJS Kesehatan

LATAR BELAKANG

Tahun 2016, BPJS Kesehatan dan PKMK FK UGM telah melakukan penelitian dalam bentuk joint research tentang penyusunan indikator kualitas fasilitas pelayanan kesehatan dan uji coba instrumen pengukuran indikator kualitas. Penelitian tersebut dilakukan di Kabupaten Sleman, Propinsi DIY, melibatkan sembilan rumah sakit dan lima Puskesmas. Dari penelitian tersebut, dihasilkan sebanyak 17 indikator kualitas untuk pelayanan primer dan 12 indikator kualitas untuk rumah sakit yang telah diusulkan sebagai indikator kualitas Faskes. Indikator ditetapkan berdasarkan enam dimensi mutu WHO (World Health Organization) dan IOM (Institute of Medicine), yaitu: efektifitas, efisiensi, kemudahan akses, keamanan, ketepatan waktu, dan mengutamakan pasien.

Menurut Agency for Healthcare Research and Quality (2011), terdapat empat tahapan dalam pengembangan indikator mutu, yaitu mengembangkan alat ukur, implementasi pengukuran, monitoring indikator mutu dan revisi atau pengembangan indikator mutu apabila indikator yang semula sudah tidak relevan. Dari keempat tahapan AHRQ tersebut, baru tahapan pertama, yaitu pengembangan alat ukur, yang telah dilakukan oleh BPJS Kesehatan dari kegiatan joint research pada tahun 2016.

Implementasi pengukuran pada proses penelitian terdahulu baru terbatas pada uji coba indikator dan instrumen pengukuran di 1 kabupaten dengan lima Puskesmas dan sembilan Rumah Sakit di kabupaten Sleman. Untuk implementasi pengukuran indikator kualitas secara nasional maka diperlukan juga adanya uji coba indikator kualitas fasilitas pelayanan kesehatan yang lebih luas pada skala nasional untuk mengantisipasi keragaman Puskesmas dan rumah sakit.

TUJUAN

Tujuan joint research ini adalah untuk melakukan Pengukuran, Evaluasi dan Tindak Lanjut Indikator Kualitas Fasilitas Pelayanan Kesehatan berdasarkan indikator yang telah disusun dari hasil joint research PKMK dan BPJS Kesehatan tahun 2016 sehingga bisa diterapkan oleh seluruh Faskes yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dalam lingkup nasional.

SASARAN

Sasaran penelitian ini untuk:

  1. Mengembangkan pengukuran, evaluasi dan tindak lanjut indikator kualitas fasilitas pelayanan kesehatan berbasis web
  2. Menyusun pedoman pengukuran, evaluasi dan tindak lanjut
  3. Melakukan pengukuran, evaluasi dan tindak lanjut indikator kualitas fasilitas pelayanan kesehatan secara nasional berbasis web

Lingkup Kajian

Indikator dan pedoman pengukuran, evaluasi dan tindak lanjut kualitas fasilitas pelayanan kesehatan yang dapat diterapkan di seluruh fasilitas kesehatan berdasarkan hasil uji coba indikator dan instrumen pengukuran indikator yang telah dilakukan secara nasional.

Luaran Hasil Kajian

  1. Pengukuran, evaluasi dan tindak lanjut indikator kualitas fasilitas pelayanan kesehatan berbasis web
  2. Pedoman pengukuran, evaluasi dan tindak lanjut indikator kualitas fasilitas pelayanan kesehatan

Rincian Kegiatan

Kegiatan akan dilaksanakan mulai September sampai November 2017. Dengan beberapa persiapan dan pelaksanaan kegiatan sebagai berikut:
Persiapan Kegiatan Faskes:

  1. Fasilitas Kesehatan Tingkat Primer (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) menunjuk satu coordinator teknis di setiap FKTP dan FKRTL sebagai Penanggung Jawab proses penelitian “Pengukuran, Evaluasi dan Tindak Lanjut Indikator Kualitas Fasilitas Pelayanan Kesehatan Berbasis Website”
  2. Penanggung jawab FKTP ditunjuk oleh Kepala Puskesmas
  3. Penanggung jawab FKRTL ditunjuk oleh Direktur Rumah Sakit
  4. Penanggung jawab bisa memiliki anggota sehingga dapat membantu proses penelitian.
  5. Penanggung jawab bertugas untuk melakukan pertemuan tatap muka dengan Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) FK UGM via online melalui aplikasi goto webinar.
  6. Penanggung jawab bertugas untuk mengukur indicator kualitas fasilitas pelayanan kesehatan
  7. Penanggung jawab bertugas untuk menginput data indicator kualitas fasilitas pelayanan kesehatan di website
  8. Penanggung jawab bertugas mengevaluasi kesulitan melakukan pengukuran, evaluasi dan tindak lanjut indicator kualitas fasilitas pelayanan kesehatan
  9. Kegiatan dilaksanakan mulai September sampai November 2017

Persiapan Kegiatan BPJS Kesehatan Cabang:

  1. BPJS Kesehatan membantu PKMK FK UGM menginformasikan penelitian
  2. BPJS Kesehatan membantu komunikasi PKMK FK UGM untuk teknis penelitian dengan Rumah Sakit dan Puskesmas
  3. BPJS Kesehatan memberikan kontak Penanggung Jawab Penelitian Rumah Sakit dan Puskesmas PKMK FK UGM

Pelaksanaan Kegiatan Faskes:

 

  1. Fasilitas Kesehatan Tingkat Primer (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) diberikan sosialisasi oleh Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) FK UGM tentang daftar indicator kualitas fasilitas pelayanan kesehatan yang harus diukur.
  2. Fasilitas Kesehatan Tingkat Primer (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) melakukan pengukuran indicator kualitas fasilitas pelayanan kesehatan berdasarkan indicator yang telah disosialisasikan oleh PKMK FK UGM. Pengukuran Indikator dilakukan menggunakan data yang sudah ada sebelumnya ataupun data yang terbaru. Hal ini dilakukan untuk menilai apakah indicator bisa diukur di Faskes.
  3. Fasilitas Kesehatan Tingkat Primer (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) menginput data hasil pengukuran indicator kualitas fasilitas pelayanan kesehatan ke website sesuai dengan petunjuk buku pedoman pengukuran, evaluasi dan tindak lanjut yang akan diberikan oleh PKMK ke alamat email penanggung jawab masing-masing Faskes.
  4. Fasilitas Kesehatan Tingkat Primer (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) mengevaluasi kesulitan melakukan pengukuran, evaluasi dan tindak lanjut indicator kualitas fasilitas pelayanan kesehatan.

Pelaksanaan Kegiatan BPJS Kesehatan Cabang:

  1. BPJS Kesehatan Cabang dapat mengikuti kegiatan tatap muka via webinar selama pelaksanaan penelitian

Output Kegiatan:

  1. Daftar indicator kualitas Fasilitas Kesehatan Tingkat Primer (FKTP)
  2. Daftar indicator kualitas Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL)
  3. Website pengukuran indicator kualitas fasilitas pelayanan kesehatan
  4. Buku pedoman pengukuran, evaluasi dan tindak lanjut indicator kualitas fasilitas pelayanan kesehatan
    *Semua kegiatan tatap muka dilakukan secara online.
    *BPJS Kesehatan Cabang membantu PKMK menginformasikan daftar kontak Penanggung Jawab Teknis Penelitian yang ada di Faskes.

KONTAK

Eva Tirtabayu Hasri S.Kep.,MPH
0823-2433-2525