Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

Antibiotik dan Langkah Strategis Penggunaannya

Antibiotik di dunia pelayanan kesehatan merupakan salah satu obat yang sudah tidak asing lagi bagi provider maupun pasien fasilitas pelayanan kesehatan itu sendiri. Sejak ditemukan pada 1927 dan dipergunakan pertama kali pada 1940, antibiotik membawa perubahan besar di dunia kesehatan.

Peran penggunaan antibiotik tentu saja sangat besar dalam membantu pasien yang memerlukan obat tersebut dalam proses pelayanan kesehatan yang dibutuhkan. Namun tentu saja penggunaan antibiotik ini harus berdasarkan indikasi yang tepat, karena apabila dipergunakan tidak sesuai indikasi maka dampak positif yang seharusnya diperoleh, akan berbalik menjadi berdampak negatif. Salah satunya terjadinya resistensi dan apabila tidak dikendalikan akan meningkatkan morbiditas dan mortalitas.

Untuk kembali me-refresh berbagai informasi terkait antibiotik ini, maka selama 2 minggu ke depan, kami akan menyajikan artikel-artikel menarik yang dapat disimak dan semoga dapat memberikan asupan bermanfaat bagi pemerhati mutu pelayanan kesehatan, khususnya pembaca setia website mutu pelayanan kesehatan.

Add comment


Security code
Refresh