Peningkatan Mutu Pelayanan Postnatal: Perspektif Bidan dan Insiatif Keterlibatan dalam Peningkatan Mutu

Peningkatan pelayanan pasien bersalin merupakan salah satu kebijakan utama di Inggris, namun sejauh ini masih belum menjadi prioritas utama. Meskipun aspek perawatan terhadap pasien bersalin ini secara konsisten mendapat penilaian yang rendah. Selama lebih dari dua dekade, upaya konstan dilakukan untuk mendorong perubahan pelayanan bersalin di Inggris yang memiliki latar belakang keterbatasan sumber daya, peningkatan jumlah kelahiran, serta perhatian terhadap perempuan hamil dengan kesehatan buruk.

National Health Services (NHS) Inggris, sejak tahun 1990-an sudah mengadopsi manajemen perubahan dan tools yang dipergunakan untuk meningkatkan outcomes pelayanan, antara lain; Total Quality Management (TQM), Lean Thinking, Continuous Qulaity Improvement (CQI), dan Six Sigma. Artikel ini akan menguraikan upaya peningkatan perawatan yang dilakukan di unit bersalin wilayah Inggris Selatan, dengan menggunakan pendekatan perspektif dari bidan setelah pengenalan inisiatif perbaikan mutu seluruh organisasi untuk meningkatkan pelayanan pasien postnatal di unit rawat inap dan proses transfer pasien tersebut kembali ke rumah.

Penelitian ini berlangsung di salah satu distrik rumah sakit umum di Inggris Selatan dengan sekitar 6 ribu kelahiran per tahun. Continuous Quality Improvement (CQI) merupakan pendekatan yang dipilih dalam penelitian ini, karena dianggap paling sesuai menginformasikan peningkatan mutu yang terjadi di lokasi penelitian.

Perencanaan Upaya Perbaikan
Upaya ini diikuti dengan sejumlah langkah yang dapat diinformasikan dengan menggunakan pendekatan CQI, untuk mengidentifikasi dimana perubahan yang bisa dicapai oleh organisasi guna mendukung persiapan yang lebih baik untuk masa pemulihan pasien paska bersalin dan proses transfer pasien tersebut.

Materi Upaya Perbaikan
Setelah upaya persiapan perbaikan dilaksanakan, perubahan diterapkan di seluruh organisasi, termasuk uji coba dan pengenalan catatan baru sebagai bukti cepat berdasarkan perawatan individu, yang sejalan dengan pedoman National Institute for Health and Clinical Excellence (NICE).

Materi Kuesioner
Materi kuesioner sebagian besar berisi pertanyaan tertutup, dengan lima skala likert. Namun ada opini bidan yang dapat disampaikan pada saat menjawab pertanyaan terbuka. Isi kuesioner digunakan untuk mengetahui pandangan bidan terhadap dampak revisi peran mereka pada pelayanan postnatal dan mengekplorasi tingkat keterlibatan mereka pada proses peningkatan kualitas pelayanan.

Entri Data dan Analisis
Data kuantitatif dientri (diinput) dan dianalisis untuk menyajikan hasil statistik deskriptif. Pernyataan terbuka ditranskrip dan dipilih pernyataan yang dapat mendukung pandangan bidan terhadap perubahan peningkatan mutu.

Ethical Approval
Persetujuan etik diperoleh dari Berkshire Ethic Commitee.

Hasil
Respon Rate dan Data Awal
Pada penelitian ini, dari 178 bidan yang bekerja di post unit, diharapkan sebanyak 149 responden bersedia berpartisipasi karena terlibat di berbagai aspek pelayanan postnatal. Namun pelaksanaannya, sejumlah 68 (49%) bidan yang bersedia berpartisipasi. Sebanyak 18 bidan bertugas di bangsal postnatal, 25 bidan bertugas di bangsal persalinan, dan 25 bidan bertugas di komunitas masyarakat.

Respon dari bidan sendiri meliputi beberapa hal, yaitu:

  • Perbaikan organisasi pada pelayanan di bangsal postnatal
  • Perbaikan kamar bersalin pada perawatan postnatal
  • Perbaikan catatan baru pada perawatan postnatal
  • Perbaikan konten pelayanan postnatal oleh bidan bagi masing-masing individu pasien
  • Pandangan secara keseluruhan terhadap perbaikan pelayanan postnatal

Hasil akhir penelitian ini menyampaikan bahwa apapun pendekatan peningkatan mutu yang dipergunakan, sebaiknya tetap melibatkan pihak stakeholder dari luar. Bidan memiliki peran utama dalam pelayanan postnatal dan memerlukan keterlibatan mereka pada semua tahap. Identifikasi hambatan terhadap kinerja sistem menjadi feed back yang penting dalam keberhasilan upaya ini.

Secara lengkap, hasil dan uraian lengkap mengenai penelitian peningkatan mutu pelayanan pasien rawat inap pada pelayanan postnatal, dapat diakses melalui link berikut:
http://www.biomedcentral.com/content/pdf/1472-6963-11-293.pdf 

Disarikan oleh : Lucia Evi I.
Sumber : Bick et al., (2011) Improving Inpatient Postnatal Services: Midwives Views and Perspectives of Engagement in a Quality Improvement Initiative. BMC Health Services Research 2011, 11:293
http://www.biomedcentral.com/1472-6963/11/293 

Add comment


Security code
Refresh