Samsi Jacobalis: Bapak Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

edi-23septSalah satu pioner dalam penerapan manajemen mutu dalam pelayanan kesehatan di Indonesia, khususnya di rumah-sakit, dr. Samsi Jacobalis, SpB. meninggal dunia pada hari Jumat (20/9) pukul 03.20 WIB di ICU RS Puri Cinere. Brigjen TNI (Purn) ini adalah putra kelahiran Sungailiat, Bangka Belitung, yang menjadi tokoh senior perumahsakitan Indonesia.

Pengalaman beliau yang luas membuat Samsi Jacobalis dapat menulis berbagai macam buku dan artikel tentang kesehatan dengan perspektif yang juga luas, dari tulisan dengan topik mengenai mutu pelayanan kesehatan seperti: "Menjaga Mutu Pelayanan Rumah Sakit: Quality Assurance (1989)" hingga topik lain seperti "Indonesian heath care and the economic crisis: is managed care the needed reform? (1999)"; Bioteknologi dan rekayasa genetik: landasan baru untuk ilmu kedokteran (1999); "Kumpulan tulisan terpilih tentang rumah sakit Indonesia dalam dinamika sejarah, transformasi, globalisasi, dan krisis nasional (2000)"; "Merancang Hospital Baylaws Indonesia (2002); "Saham Dokter Dan Mahasiswa Kedokteran Dalam Kebangkitan Nasionalisme Dan Pembebasan Bangsa Dari Penjajahan by Samsi Jacobalis (2010)", dan '"How to Actually malpractice conditions in hospitals? (2010).

Beliau sangat memberikan perhatian khusus pada mutu dan etika perumahsakitan, bahkan hingga ajal menjemput, selalu menasihati generasi muda tenaga kesehatan untuk mementingkan kepentingan kesehatan masyarakat luas daripada kepentingan pribadi. Selamat jalan dr. Samsi.

Add comment


Security code
Refresh